Gelombang di Pesisir Kusamba Tinggi, Penumpang Sempat Dialihkan ke Padang Bai

Penumpang yang akan menyebrang menuju Nusa Penida tampak membludak di sejumlah pelabuhan di pesisir Kusamba, Klungkung

Gelombang di Pesisir Kusamba Tinggi, Penumpang Sempat Dialihkan ke Padang Bai
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Penumpang terpaksa harus dialihkan ke Pelabuhan Padang Bai agar bisa menyebrang menuju Nusa Penida, Jumat (15/3/2019), karena gelombang di perairan Kusamba, Klungkung tinggi. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Penumpang yang akan menyebrang menuju Nusa Penida tampak membludak di sejumlah pelabuhan di pesisir Kusamba, Klungkung, Jumat (15/3/2019).

Sejumlah boat tidak melayani penyebrangan karena ketinggian ombak pagi itu mencapai 4 meter.

Di Pelabuhan Tribhuana, Desa Kusamba, banyak penumpang yang hendak ke Nusa Penida, bahkan sudah mengantre sejak pukul 06.30 Wita.

Boat yang biasanya sudah melayani penyebrangan menuju Pelabuhan Sampalan Nusa Penida pukul 06.30 Wita, pagi itu tidak bisa berangkat. Kejadian itu berlangsung hingga pukul 08.30 Wita sehingga jumlah penumpang semakin membludak.

"Ombak pantai saat ini membesar dan tidak memungkinkan untuk menaikkan ataupun menurunkan penumpang," ujar petugas Syahbandar Nusa Penida wilayah Kusamba, Nengah Wirnata, Jumat (15/3/2019).

Penumpang tampak menunggu di pelabuhan di  Kusamba, Klungkung.
Penumpang tampak menunggu di pelabuhan di Kusamba, Klungkung. (Tribun Bali/Eka Mita Suputra)

Agar tidak menumpuk di pelabuhan, penumpang terpaksa dialihkan ke Pelabuhan Padang Bai di Karangasem. Penumpang diangkut menuju Pelabuhan Padang Bai menggunakan 2 unit Bus Dishub Klungkung

"Solusinya penumpang kami arahkan ke Padang Bai. Kami sudah berkoordinasi dengan Syahbandar Padang Bai untuk bisa kondisikan penumpang menuju ke Nusa Penida," jelasnya.

"Kami lihat situasi lebih lanjut ke depannya. Jika gelombang mulai bagus, penyebrangan bisa kembali normal," ungkapnya.

Pengawas Pelabuhan Tribhuana, I Made Suardika menjelaskan, pengalihan penumpang ke Pelabuhan Padang Bai hanya berlangsung 1 trip (keberangkatan) karena ombak sudah mulai normal pada pukul 08.30 Wita.

Hingga pukul 11.00 Wita, Jumat (15/3/2019) penyedia jasa penyebrangan setidaknya melayani 4 kali keberangkatan menuju Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida.

"Memasuki siang hari, kondisi penyebrangan kembali normal," jelasnya. (*)

Eka Mita Suputra

Caption:

PENGALIHAN PENUMPANG - Penumpang terpaksa harus dialihkan ke Pelabuhan Padang Bai agar bisa menyebrang menuju Nusa Penida, Jumat (15/3), karena gelombang di perairan Kusamba, Klungkung tinggi.

MEMBLUDAK - Penumpang tampak menunggu di pelabuhan di  Kusamba, Klungkung.

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved