Kampanye Peduli Lingkungan, Soul of Nusa Dua Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Bumi

Para pemuda/i di Nusa Dua membuat event Soul of Nusa Dua dengan visi serta semangat untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan

Kampanye Peduli Lingkungan, Soul of Nusa Dua Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Bumi
Tribun Bali/Rino Gale
Press confrence Soul of Nusa Dua di Kantor Lurah Tanjung Benoa, Rabu (27/3/2019) kemarin. Event ini bermula dari gerakan pemuda-pemudi Nusa Dua yang peduli terhadap lingkungan untuk penanggulangan sampah plastik 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Banyak gerakan-gerakan yang dilakukan masyarakat untuk mengurangi (reduce), mendaur ulang (recycle) atau menggunakan kembali (reuse) sampah plastik agar dapat digunakan kembali, namun masih banyak pula yang tidak peduli dengan hal tersebut.

Oleh karena itu, para pemuda/i di Nusa Dua membuat event Soul of Nusa Dua dengan visi serta semangat untuk mengajak masyarakat bergerak bersama melakukan perubahan kecil yang akan berdampak besar terhadap lingkungan, yang diadakan di Lapangan Lagoon, Nusa Dua, Kamis (28/3/2019).

Ketua panitia, I Putu Saka Suandita menjelaskan, Soul of Nusa Dua merupakanevent yang dikemas dalam bentuk konser musik multi genre.

Melalui event ini, pihaknya ingin menyampaikan pesan lingkungan kepada masyarakat yang dimulai dari daerahnya yaitu Nusa Dua.

Baca: Kehidupan Reino Barack Dan Luna Maya Sebelum Pernikahan Dengan Syahrini Diungkap Tetangga

Baca: TRIBUN WIKI - Berburu Jajanan hingga Pernak-pernik, Ini 4 Pusat Oleh-oleh Khas Bali di Denpasar

"Kegiatan ini berangkat dari sebuah kekahwatiran karena Indonesia adalah kontributor kedua di dunia terkait sampah plastik. Dengan membuat gerakan kecil, ternyata dalam perjalanannya banyak dibantu beberapa pihak. Selain mengedukasi terkait sampah plastik, ada juga hiburan musik yang dimainkan Joni Agung & Double T bergenre reggae, budaya, makanan. Harapan kami, target 10 ribu orang pengunjung," ujarnya saat press confrence di Kantor Lurah Tanjung Benoa, Rabu (27/3/2019).

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam event ini adalah mereka yang peduli dengan lingkungan, mulai dari pemuda lokal, pemerintah, serta para donatur yang bersedia mendanai event ini.

"Selain itu terdapat pula artis-artis lokal maupun nasional yang turut serta mendukung gerakan ini. Sound of Nusa Dua akan dilaksanakan satu hari yaitu pada 28 April 2019 di Lapangan Lagoon, Nusa Dua. Berbagai kegiatan menarik akan kami suguhkan, mulai dari olahraga zumba bersama di pagi hari, dilanjutkan dengan kompetisi-kompetisi bertemakan lingkungan, menampilkan "Cultural Performance", serta yang paling dinantikan adalah penampilan dari band lokal maupun nasional yang akan menghibur pengunjung," jelasnya.

Baca: Bayern Munchen Rampungkan Transfer Lucas Hernandes, Manchester United Incar Pemain Muda Prancis

Baca: Biaya Pengobatan Ditanggung, Nyoman Tampek Rasakan Manfaat Menjadi Peserta JKN-KIS

Sebagai sebuah inisiatif gerakan peduli lingkungan, kegiatan ini tidak hanya berfokus pada konser musik, melainkan ada kegiatan pre-event seperti sosialisasi mengenai bahaya sampah plastik ke sekolah maupun perguruan tinggi di Bali.

"Dengan mengadakan beach clean up, serta tidak lupa kami mengadakan kampanye di media sosial seperti membagi informasi atau mengajak teman-teman milenial ikut serta melestarikan lingkungan. Karena dengan melawan penjajah, kita bisa menjadi pahlawan bangsa, namun dengan melawan sampah kita bisa menjadi pahlawan bumi," ungkapnya.

Kadis pariwisata Badung, I Made Badra menambahkan, pihaknya akan terus support event seperti ini, karena sampah adalah musuh besar dalam dunia pariwisata.

Baca: TRIBUN WIKI - 5 Pie Susu Wajib Dicicipi Saat Berlibur ke Bali, Cocok Dijadikan Oleh-oleh, nih!

Baca: Kenapa Manusia Tak Bisa Melihat Dewa? Ini Kisahnya Menurut Babad Pasek Kayu Selem

"Sangat men-support pemuda Nusa dua dalam gerakan penanggulangan sampah plastik. Dengan tujuan untuk membangun pariwisata di Nusa dua dengan baik agar masyarakat juga ikut prihatin terkait penanggulangan sampah plastik," ujarnya.

Vokalis musik bergenre reggae, Joni Agung & Double T mengaku event ini bukan pertama kali grupnya ikut gabung terkait sampah plastik.

"Acara ini sangat baik dan selalu mendukung. Ini sudah menjadi masalah dunia. Bagaimana cara kita mengedukasi yang baik dengan memilah sampah," ujarnya.(*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved