Cegah Penyebaran Virus Monkeypox di Bali, Begini Persiapan Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar

Diantaranya dengan memberikan informasi kepada rekan-rekan serta mengaktifkan thermal scanner.

Cegah Penyebaran Virus Monkeypox di Bali, Begini Persiapan Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar
straitstimes.com
Penyakit cacar monyet atau monkeypox 

Cegah Penyebaran Virus Monkeypox di Bali, Begini Persiapan Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam mencegah penyebaran virus monkeypox atau cacar monyet dari Singapura ke Indonesia khususnya di Bali, Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Putu Alit Sudarma mengatakan ada dua tindakan pencegahan virus monkeypox jika ada di Bali.

Pertama, kata Putu Alit Sudarma, orang yang memang terjangkit akan dilakukan isolasi dan karantina.

"Jadi ada dua hal pencegahan. Pertama, diisolasi dan kedua dikarantina. Ya intinya membatasi agar virus ini tidak menular kepada orang lain," ujarnya saat dihubungi Tribun Bali, Rabu (15/5/2019).

Terkait kejadian virus monkeypox ini, pihaknya telah meningkatkan kewaspadaan mulai dari empat hari lalu.

Diantaranya dengan memberikan informasi kepada rekan-rekan serta mengaktifkan thermal scanner (alat pemindai suhu) di setiap keluar masuknya penyakit menular potensi wabah dari dan ke Indonesia melalui pelabuhan laut, bandar udara dan sektor lalu lintas batas.

Sehingga dengan alat tersebut, seseorang bisa diketahui terjangkit virus dari tingkat suhu tubuh.

"Kita sudah mulai dari empat hari lalu sudah memberikan informasi kepada rekan-rekan agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Dengan mengaktifkan thermal scanner. Jika ada orang yang melewati thermal scanner dengan suhu 38 derajat celsius, maka kita melakukan pengecekan. Apabila dicurigai, kita sudah mempunyai perencanaan pengecekan emergency lebih lanjut bersama tim dari RSUP Sanglah Denpasar," jelasnya.

Lanjutnya, keluar masuk dari pelabuhan juga bisa berpotensi dan ada risikonya.

Namun, pihaknya akan selalu mewaspadai virus monkeypox melalui keluar masuk lintas pelabuhan.

"Kalau kita melihat pelayarannya belum ada yang banyak datang dari Singapura. Kecuali, jika ada kapal pesiar dari Singapura, ya kita melakukan tindakan pengawasan," ujarnya.

"Tugas pokok Kantor Kesehatan Pelabuhan adalah mencegah keluar masuknya penyakit menular potensi wabah dari dan ke Indonesia melalui pelabuhan laut, bandar udara dan sektor lalu lintas batas. Kita menilik fungsi yakni pengamatan penyakit secara terus menerus. Prinsipnya kita sudah melakukan pengamatan lebih intens lagi," tambahnya. (*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved