Terkendala Anggaran, Rencana Pemasangan Pagar Pengaman di Devil Tears Lembongan Ditunda

Rencana Pemkab Klungkung membangun pagar pembatas di objek wisata Devil Tears Nusa Lembongan tahun ini harus tertunda

Terkendala Anggaran, Rencana Pemasangan Pagar Pengaman di Devil Tears Lembongan Ditunda
Istimewa
Wisatawan menikmati objek wisata Devil's Tear di Pulau Lembongan, Nusa Penida, Jumat (16/9/2019). Pemasangan pagar pengaman di destinasi wisata tersebut harus di tunda tahun ini. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Rencana Pemkab Klungkung membangun pagar pembatas di objek wisata Devil Tears Nusa Lembongan tahun ini harus tertunda.

Anggaran yang dialokasikan belum dapat merealisasikan pembangunan pagar pengaman secara menyeluruh.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Klungkung, I Nengah Sukasta menjelaskan, tahun ini pihaknya telah merancang anggaran pemasangan pagar pengaman sejumlah Rp 60 juta.

Anggaran itu rencananya untuk menambah pemasangan pagar pengaman bantuan dari Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA).

"Ternyata pembangunan pagar pengaman yang rencananya dilakukan ASITA di Devil Tears Lembongan sampai saat ini belum ada kepastian,” ujar Sukasta, Jumat (16/8/2019).

Setelah melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat dan pelaku wisata di Desa Lembongan, dana sebesar Rp 60 juta untuk pembuatan pagar pengamanan sepanjang 50 meter di kawasan itu, dirasa belum cukup dan kurang efektif.

Mengingat dengan anggaran itu, hanya sebagian kecil kawasan Devil's Tear yang terlindungi. Atas usulan itu, akhirnya rencana pembangunan pagar pengaman di objek wisata Devil's Tear batal direalisasikan tahun 2019.

“Karena 50 meter itu dirasakan nanggung. Jadi diminta untuk dibuatkan pagar pengaman secara menyuluh," jelas Sukasta.

Menanggapi masukan dari warga, pemkab pun membuat perencanaan pembangunan pagar pengaman secara menyeluruh.

Pagar pengaman tersebut dibangun sepanjang 350 meter. Sementara materialanya masih sama seperti kesepakatan dengab warga, yakni kayu dan tali tambang agar terlihat natural.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved