Fasilitas Keamanan Berteknologi Tinggi Pertama di Indonesia Hadir di Bandara Ngurah Rai

Fasilitas X-ray ATRS adalah fasilitas pemeriksaan penumpang dan bagasi dengan menggunakan teknologi pemindaian tingkat tinggi

Fasilitas Keamanan Berteknologi Tinggi Pertama di Indonesia Hadir di Bandara Ngurah Rai
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
PT Angkasa Pura I (Persero) meresmikan fasilitas X-ray automated tray return system (X-ray ATRS) yaitu fasilitas pemeriksaan penumpang dan bagasi dengan menggunakan teknologi pemindaian tingkat tinggi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – PT Angkasa Pura I (Persero) meresmikan fasilitas X-ray automated tray return system (X-ray ATRS) yaitu fasilitas pemeriksaan penumpang dan bagasi dengan menggunakan teknologi pemindaian tingkat tinggi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Selain X-ray ATRS, juga diresmikan boarding pass scanner (flap barrier), dan autogate paspor.

Penggunaan ketiga fasilitas baru ini merupakan yang pertama di Indonesia dan wujud komitmen perusahaan terhadap upaya peningkatan pelayanan bandara yang berkelanjutan. 

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dan Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F. Sompie dan Kepala Otban Wilayah IV Elfi Amir mewakili Dirjen Hubud, Selasa (3/9/2019).

Usai peresmian, dilanjutkan pula dengan pemantauan langsung ke tiga fasilitas baru tersebut untuk melihat proses kerjanya.

X-ray ATRS merupakan sistem pemeriksaan penumpang dan bagasi dengan teknologi pemindaian terkini yang berada pada area screening check point (SCP) di terminal keberangkatan internasional.

Alat ini akan meningkatkan jaminan keamanan, meningkatkan keakuratan dan menurunkan stress akibat waktu antrian, dan berbagai keuntungan lainnya.

X-ray ATRS juga akan mempercepat proses pemeriksaan barang dan calon penumpang.

Jika X-ray konvensional rata-rata hanya mampu memeriksa 155 tray per jam dengan maksimal barang yang mampu diperiksa saat peak hour mencapai 235 tray, maka X-ray ATRS mampu memeriksa rata-rata hingga 285 tray per jam dengan kemampuan maksimum saat peak hour dapat memeriksa mencapai 410 tray per jam.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved