Lestarikan Bahasa Bali Secara Digital, BASABali Wiki Raih Penghargaan dari UNESCO

Lestarikan Bahasa Bali Secara Digital, BASABali Wiki Raih Penghargaan dari UNESCO

Lestarikan Bahasa Bali Secara Digital, BASABali Wiki Raih Penghargaan dari UNESCO
DOK PRIBADI
Penyerahan penghargaan dari UNESCO untuk BASABali Wiki yang diserahkan oleh Assistant Director-General for Education UNESCO, Stefania Giannini kepada Direktur BASABali Wiki, Gde Nala Antara. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Salah satu lembaga yang peduli dengan bahasa Bali yakni BASABali Wiki memperoleh penghargaan intenasional.

Tak tanggung-tanggung penghargaan ini diberikan oleh UNESCO atas dedikasinya dalam pelestarian bahasa Bali.

Penghargaan ini diserahkan Senin (9/9/2019) di kantor pusat UNESCO, Paris yang diterima oleh Direktur BASAbali Wiki, Gde Nala Antara.

Dalam penghargaan tersebut ada dua kategori yang diberikan yakni The UNESCO King Sejong Literaty Price dan The UNESCO Confucius Prize for Literacy.

Dan BASABali Wiki dari Indonesia memperoleh untuk kategori The UNESCO Confucius Prize for Literacy bersama Colombia dan Italia.

Sementara untuk penerima The UNESCO King Sejong Literaty Price yakni Alajazair dan Senegal.

“Pihak UNESCO dalam kesempatan tersebut mengaku sangat mengapresiasi pelestarian terhadap bahasa lokal apalagi di era digital dan global ini. Penghargaan ini adalah kebanggan untuk bahasa Bali yang mulai ditinggalkan oleh sebagian orang,” kata Nala Antara saat dihubungi, Kamis (12/9/2019) petang.

Nala Antara mengatakan, BASABali Wiki merupakan satu-satunya lembaga pelestari bahasa lokal yang memperoleh penghargaan ini dari Asia tahun ini.

Pihaknya pun merasa bangga sekaligus terharu dengan penghargaan yang diberikan ini.

Bagaimana bahasa Bali sangat diperhatikan oleh dunia internasional walaupun di Bali sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian orang karena dianggap tidak menghasilkan.

Halaman
123
Penulis: Putu Supartika
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved