Kekeringan di TNBB Bali Barat, Kera Hitam Pun Tak Mampu Bertahan Hidup Karena Dehidrasi Berat

Musim kemarau yang melanda wilayah Buleleng sejak Agustus hingga saat ini membuat satwa di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) terdampak.

Kekeringan di TNBB Bali Barat, Kera Hitam Pun Tak Mampu Bertahan Hidup Karena Dehidrasi Berat
Istimewa
TNBB Bali Barat, Jumat (27/9/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Musim kemarau yang melanda wilayah Buleleng sejak Agustus hingga saat ini membuat satwa di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) terdampak. 

Krisis air bersih menyebabkan seekor kera hitam mati akibat dehidrasi.

Kepala TNBB, Agus Ngurah Krisna mengatakan, setiap dua pekan sekali, pihaknya rutin mensuplai air bersih ke bak-bak penampungan serta kubangan air yang dibentuk secara alami untuk kebutuhan satwa di kawasan TNBB.

"Kapasitas air yang kami suplai itu rata-rata 5.000 liter," katanya.

Krisna menjelaskan, wilayah yang mengalami krisis air bersih ada di kawasan Prapat Agung, Teluk Brumbun, Blok Lampu Merah dan Pulau Menjangan, yang menjadi lokasi hidupnya berbagai jenis satwa.

Jumlah satwa yang ada di kawasan tersebut seperti menjangan atau rusa mencapai 900 ekor, curik Bali 246 ekor, serta satwa-satwa lain yang belum diinventalisir seperti kera abu-abu, musang, landak, kera, dan trenggiling.

"Kera hitam itu mati pada Agustus laku karena minimnya air. Sehingga kera itu dehidrasi yang luar biasa, kemudian tidak mampu bertahan hidup. Sementara baru keda hitam yang kami temukan mati," jelas Krisna.

Selain menyuplai air bersih, Krisna mengaku kedepan pihaknya akan berupaya melakukan normalisasi sumber-sumber mata air yang ada di kawasan TNBB. 

Ini dilakukan mengingat musim kemarau diprediksi akan melanda wilayah Buleleng hingga Oktober mendatang.

"Kami akan berupaya menyediakan sumber-sumber air beraih, upaya pipanisasi dengan pengisian bak-bak satwa," tutupnya. (*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved