Sekda Sebut Kualitas Tidak Kalah, Yakinkan Produk Pertanian Lokal Lebih Baik  

Saya yakin kualitasnya tidak kalah. Hanya saja produk yang kualitasnya sudah bagus kita kemas dengan baik, kemudian kita edukasi masyarakat

Sekda Sebut Kualitas Tidak Kalah, Yakinkan Produk Pertanian Lokal Lebih Baik   
Tribun Bali/Wema Satya Dinata
Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra (tengah) saat meninjau pameran tanaman dalam Festival Agribisnis Bali tahun 2019, di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Kamis (3/10/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dinas Pertanian Provinsi Bali menggelar Festival Agribisnis Bali 2019 di sisi timur Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon Denpasar, 3-6 Oktober 2019.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengatakan melalui festival agribisnis ini, para petani yang jauh berada di pelosok-pelosok bisa hadir ke tengah kota di kilometer nol Provinsi Bali.

“Para petani kita kan ada di pedesaan, sekarang mereka hadir di kilometer nol. Dan ternyata produk-produknya luar biasa,” kata Dewa Indra.

 
Hal itu berarti, produk pertanian lokal tidak kalah dari produk luar Bali. Yang terpenting adalah bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengenalkan produk-produk ini.

Selain itu, perlu juga meyakinkan masyarakat bahwa tidak semua yang datangnya dari luar itu lebih baik.

“Hanya selama ini (membeli produk luar) lebih gengsi, tetapi dari kualitas belum tentu,” ujarnya.

Terungkap, Ini Alasan Pelaku Tega Menghabisi Pria yang Tewas dalam Kondisi Bersujud di Jalan Raya

Berbisnis Sekaligus Lestarikan Kuliner Lokal , Iin Ajari Wisatawan Masak Menu Khas Bali

Untuk menjamin hasil produksi produk lokal, penyerapan produk pertanian dalam industri pariwisata akan terus diupayakan.

Industri pariwisata mempunyai kebutuhan yang sangat besar terhadap produk-produk pertanian holtikultura, dan itu artinya sebuah pasar. Hanya saat ini belum tergarap dengan baik.

 
”Kita belum menciptakan kanal yang menghubungkan antara petani dengan industri pariwisata,” tuturnya.

 
Maka dari itu, melalui arahan Pergub 99 tahun 2018 tentang Pemanfaatan dan pemasaran produk pertanian, perikanan dan Industri lokal Bali,sedang disambungkan antara petani sebagai produsen, dengan hotel dan restoran sebagai pasarnya. 

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved