Sebut Tugas Kaling dan Kelian Banjar Dinas Sama, PMD Badung Beri Gaji Sesuai PP No. 11 tahun 2019

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dengan tegas memberikan Kepala Lingkungan (Kaling) dengan Kelian Banjar Dinas se-Badung gaji sebesar Rp 5,3 Juta.

Sebut Tugas Kaling dan Kelian Banjar Dinas Sama, PMD Badung Beri Gaji Sesuai PP No. 11 tahun 2019
Humas Pemkab Badung
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wabup I Ketut Suiasa dan Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa melakukan tatap muka dengan Kelian Dinas dan Kaling se-Kabupaten Badung, Senin (1/7/2019) di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA –  Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dengan tegas memberikan Kepala Lingkungan (Kaling) dengan Kelian Banjar Dinas se-Badung gaji sebesar Rp 5,3 Juta.

Bahkan Gaji Kaling dan Kelian Banjar Dinas pun disamaratakan, diberikan penghasilan tetap (Siltap) disetarakan dengan PNS golongan II secara berjenjang.

Sejauh ini, pekerjaan Kaling dan Kelian Banjar Dinas disebut sama, yang intinya bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hanya, untuk kaling itu di bawah kepemimpinan lurah yang juga ada di bawah kecamatan.

Berbeda dengan  Kelian Banjar Dinas, yang bekerja di bawah kepala desa setempat.

“Untuk tugas mereka (Kaling dan Kelian Banjar Dinas –red)  sudah diatur masing-masing. Jadi tugasnya sama melayani masyarakat secara administrasi, pembangunan dan yang lainnya,” ujar Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Badung Putu Gede Sridana kamis (10/10/2019).

Baru Mulai Kemah, 32 Siswa SMKN 4 Negara Kerauhan, Ada Yang Minta Permen Sampai Daun Kenanga

Tahu Anaknya yang Masih SMA Dihamili, Buruh Cuci Ini Mengaku Hancur, Ini Pahit Tapi Harus Dijalani

Pihaknya juga mengatakan, secara umum tugas Kaling diatur dalam Perbup Badung No.23 tahun 2008 dan Perbup Badung 26 tahun 2017.

Sedangkan untuk  Kelian Dinas ada di Permendagri No 83 tahun 2015 dan Permendagri 67 tahun 2017.

Kepala Lingkungan mempunyai tugas untuk membantu Lurah dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah kerjanya.

Dalam menjalankan tugasnya, Kepala Lingkungan menerapkan prinsip koordinasi dan sinkronisasi atas segala kegiatan di masing-masing lingkungannya dengan bertanggung jawab kepada Lurah serta menyampaikan laporan berkala tepat pada waktunya “Pada Perbup No 23 tahun 2008 pada pasal 12 dan 13  sudah diatur tugas kalingnya,” ungkapnya sembari mengatakan kalau kaling bukan disebut staf desa, karena dia jadi satu dengan kecamatan.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved