Made Urip Bongkar Alasan Terpilihnya Bintang Pupayoga, Ada Sejarah Antara Megawati Dan Puri Satria

Ketua DPP PDIP, Made Urip mengatakan masuknya nama Bintang Puspayoga ke kabinet merupakan rekomendasi khusus

Made Urip Bongkar Alasan Terpilihnya Bintang Pupayoga, Ada Sejarah Antara Megawati Dan Puri Satria
Capture Kompas TV
Bintang Puspayoga ditunjuk sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) oleh Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/10/2019) pagi. 

TRIBUN-BALI.COM - Penunjukan I Gusti Ayu Bintang Darmawati alias Bintang Puspayoga sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) di Kabinet Jokowi-Ma'ruf mengagetkan banyak pihak.

Pasalnya, nama Bintang sendiri sebelumnya tidak masuk dalam bursa calon menteri dari Bali.

Bintang Puspayoga sendiri menyingkirkan nama-nama beken yang sebelumnya digadang-gadang masuk dalam bursa kabinet Jokowi-Ma'ruf, diantaranya petahana, AAGN Puspayoga, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace.

Sedangkan, tiga nama masuk sebagai kuda hitam yakni, Anggota DPD RI Dapil Bali 2019-2024, Gede Pasek Suardika, Politikus NasDem, I Gusti Putu Artha, dan Stafsus Presiden Jokowi, Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana.

Bintang Puspayoga
Bintang Puspayoga (istimewa)

Kepada Tribun Bali, Ketua DPP PDIP, Made Urip mengatakan masuknya nama Bintang Puspayoga ke kabinet merupakan rekomendasi khusus dari Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Sehingga, Bintang Puspayoga merupakan menteri yang menjadi representasi PDIP di kabinet.

PDIP sendiri mendapat jatah 5 menteri di kabinet yakni, Menteri PU, Basuki Hadimulyono, Menseskab, Pramono Anung, Menkumham, Yasona Laoly, Menpan-RB, Tjahjo Kumolo, dan Bintang Puspayoga sendiri.

"Ya rekomendasi ibu ketua umum, rekomendasi PDI itu," katanya, Rabu (23/10/2019).

Anggota DPR RI Dapil Bali ini mengatakan alasan nama isteri Mantan Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga itu masuk kabinet dikarenakan alasan historis hubungan antara Puri Satria dengan Megawati Soekarnoputri sendiri.

Pasalnya, Puri Satria yang notabene merupakan asal dari suami Bintang Puspayoga ini merupakan salah satu keluarga yang cukup baik dan dekat sejak jaman Bung Karno dahulu.

Menteri Koperasi dan UKM AA Puspayoga bersama istri, Bintang Puspayoga dan putra AA Abiyoga menggunakan hak pilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di TPS 07, Banjar Belaluan Sadmerta, Desa Dangin Puri Kauh, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Rabu (27/06/2018)
Menteri Koperasi dan UKM AA Puspayoga bersama istri, Bintang Puspayoga dan putra AA Abiyoga menggunakan hak pilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di TPS 07, Banjar Belaluan Sadmerta, Desa Dangin Puri Kauh, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Rabu (27/06/2018) (Tribun Bali / Busrah Hisam Ardans)
Halaman
123
Penulis: Ragil Armando
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved