Inovasi Pemuda Karang Taruna Widya Kusuma, Jaring Bibit Atlet Lewat Pordes

Serangkaian Hari Sumpah, Pemuda Karang Taruna Widya Kusuma, Desa Delod Peken, Tabanan, menggelar Pordes untuk pertama kalinya.

Inovasi Pemuda Karang Taruna Widya Kusuma, Jaring Bibit Atlet Lewat Pordes
Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Serangkaian Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Widya Kusuma, Desa Delod Peken, Tabanan, menggelar Pekan Olahraga Desa (Pordes) untuk pertama kalinya. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Serangkaian Hari Sumpah, Pemuda Karang Taruna Widya Kusuma, Desa Delod Peken, Tabanan, menggelar Pekan Olahraga Desa (Pordes) untuk pertama kalinya.

Melalui kegiatan yang mengangkat tema “Jadikan Pemuda yang Sportif, Kreatif, dengan Solidaritas yang Tinggi” ini mereka ingin semakin mempererat tali persaudaraan antar banjar dan sekaligus menjaring bibit-bibit atlet.

Meskipun kegiatan Pordes ini merupakan kegiatan baru dan pertama kali digelar, namun sejak 2010 lalu sesungguhnya Karang Taruna Widya Kusuma telah menggelar berbagai kegiatan seni budaya yang dirangkum dalam kegiatan parade budaya.

Khusus untuk parade, digelar setiap dua tahun sekali.

“Untuk mempererat rasa persaudaraan antar banjar di Desa Delod Peken dan sekaligus menjaring bibit atlet yang ada di desa,” kata Ketua Karang Taruna Widya Kusuma Desa Delod Peken, I Komang Rama Sandya didampingi Ketua Panitia Pordes, I Gede Agustina Yoga Putra.

Komang Rama menjelaskan dalam kegiatan olahraga ini, ada delapan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di antaranya Ceki, Catur, Tenis Meja, Senam Maumere, Basket, Sepak Bola, Lari, dan Hadang. 

“Ada delapan cabor yang dipertandingkan. Seluruh banjar wajib mengirim perwakilan untuk masing-masing cabor yang ada dan tidak ada batas usia namun tetap mengutamakan yang usianya muda. Usia yang ikut lintas generasi, terutama pada cabor lari sama hadang batas maksimalnya adalah anak Sekolah Dasar. Kemudian untuk basket sama sepakbola, tidak ada batas usia mengingat di setiap banjar kesulitan mencari pemain,” jelas Rama.

Ia menyebutkan, dalam perhelatan Pordes ini ada 5 venue yang digunakan, tiga di antaranya dilaksanakan di tiga banjar yakni Banjar Gerokgak Tengah (cabor ceki), Gerokgak Gede (catur), Sakenan Belodan (tenis meja dan senam maumere), kemudian dua venue lainnya dilaksanakan di GOR Debes lama untuk basket dan di Lapangan Debes untuk pertandingan sepak bola, lari, dan hadang.

Beberapa cabor juga melibatkan KONI Tabanan sebagai wasitnya.

“Ini akan berlangsung selama dua pekan dari 2 November hingga 16 November mendatang,” imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved