Kepala BNPB Kaitkan Kebencanaan dengan Pentahelix, Apa Itu?

Sejak dilantik menjadi Kepala BNPB Danjen Kopassus Doni Monardo sudah banyak bicara tentang penanganan kebencanaan menggunakan konsep sinergis Pentahe

Humas BNPB
Forum 9th International Conference on Building Resilience (ICBR) – Investing In Disaster Risk Reduction and Climate Change Adaptation for Building Resilience Cities – International Conference. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, BADUNG - Mengaitkan kebencanaan dan pentahelix? 

Sejak dilantik menjadi Kepala BNPB, Januari 2019, mantan Danjen Kopassus  Doni Monardo sudah banyak bicara di depan forum resmi, maupun tidak resmi tentang pentingnya penanganan kebencanaan menggunakan konsep sinergis Pentahelix.

Pentahelix dimaknai sebagai kerangka kerja dalam berkegiatan dan berkarya agar lebih maksimal.

Kebencanaan dan Pentahelix disampaikan oleh Doni Monardo di forum 9th International Conference on Building Resilience (ICBR) – Investing In Disaster Risk Reduction and Climate Change Adaptation for Building Resilience Cities – International Conference.

Conference tersebut digelar oleh ITB dan Hudderfields University, Inggris berlangsung di Westin, Nusa Dua dari tanggal 13 – 15 Januari 2020, dalam rangka 100 tahun ITB.

Ada lima pihak yang harus diperhatikan peran, kepentingan, maupun karakternya.

Unsurnya terdiri atas pemerintah, masyarakat, bisnis/investor, peneliti dan media.

Berbicara tentang pentahelix, Doni sudah mengaplikasikannya dalam kinerja sehari hari.

Sekda Denpasar Hadir di Reuni Akbar SMK Pembangunan Denpasar

Viral Kisah Siswi SMP Dikeluarkan Dari Sekolah Hanya Karena Ucapkan Selamat Ultah ke Teman Pria

Betapa pun, sinergitas yang menjadi ruh pentahelix tidak melulu untuk kepentingan bisnis, tetapi juga bisa diterapkan untuk menangani bencana.

Bahkan, di tangan seorang yang berkarakter pemimpin kreatif, pentahelix adalah kunci sakti yang mampu membuahkan hasil ideal serta maksimal. 

Pentahelix juga semacam kuda tunggangan yang membawa sang penunggang menjadi agen perubahan.

Sejak dilantik sebagai Kepala BNPB 9 Januari 2019 Doni menanamkan kepada semua jajarannya di tingkat provinsi dan kabupaten, terkhusus para eselon satu dan dua kiranya mengaplikasikan jurus pentahelix.

Tahun 2019, 24 Warga Bali dari Karangasem dan Buleleng Transmigrasi ke NTT

Selain Faktor Hormonal, Inilah Penyebab Ketidaksuburan Pasangan Suami Istri

“Pencegahan dan penanganan bencana alam, tidak bisa dilakukan oleh satu pihak. Dalam hal ini, pentahelix adalah sebuah jawaban. Tinggal disesuaikan jurus pentahelix pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. Sebab karakter masalahnya berbeda beda dan juga memperhatikan aspek lokal,“ papar Doni.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved