Breaking News:

Di Tengah Kontroversi Tol Ketapang-Gilimanuk, Banyuwangi Ternyata Sudah Mulai Bangun Tol Trans Jawa

Tol yang menghubungkan dari Probolinggo menuju ke Banyuwangi tersebut sudah memasuki pembangunan sisi tertimur.

Tribun Bali / Firizqi Irwan
Situasi Kapal Motor Penumpang (KMP) di Selat Bali pada Senin (1/10/2018) pukul 12.30 Wita. 

TRIBUN-BALI.COM - Di tengah kontroversi rencana Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pembangunan Tol Trans Jawa Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi) yang menghubungkan Tol Gilimanuk-Tabanan pada 2021 mendatang, Banyuwangi ternyata sudah memulai pembangunan jalan tol Trans Jawa. 

Pembangunan ruas tol yang menghubungkan dari Probolinggo menuju ke Banyuwangi tersebut sudah memasuki pembangunan sisi tertimur.

Saat ini, tol yang diberi nama Probowangi itu memasuki sejumlah tahapan persiapan.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dengan bangga mengatakan, pemandangan yang bisa dilihat dari Tol tersebut nanti salah satunya adalah Selat Bali. 

"Itu akan menjadi ikonik, sebab pintu keluar tolnya punya view keren Selat Bali,” ujar Anas, Jumat (24/1/2020) sebagaimana diberitakan Surya.co (Grup Tribunnews).

Ia menyebut ini akan menjadi sesuatu yang menarik, sebab akan berpadu dengan revitalisasi Pelabuhan Ketapang yang akan digarap BUMN PT ASDP dan diarsiteki oleh orang berpengalaman yaitu Gregorius Supie. 

Anas yakin, pengembangan tol akan semakin menggeliatkan ekonomi Banyuwangi.

“Kami akan satukan paket pemasaran Bali dan Banyuwangi, karena lewat tol ini lebih mudah dan cepat ke Banyuwangi dan Bali. Ke Banyuwangi, bisa dapat Bali. Ke Bali, bisa dapat Banyuwangi,” kata Anas.

Direktur Utama PT Jasa Marga Probowangi, Hari Pratama sepakat dengan sejumlah gagasan Pemkab Banyuwangi terutama soal arsitektur yang mengangkat budaya lokal Banyuwangi

Bahkan, lanjut Hari, desain rest area sendiri nantinya bakal dibuat senyaman mungkin selayaknya destinasi wisata.

Halaman
1234
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Eviera Paramita Sandi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved