Corona di Bali

Dewan Minta Agar Karantina Mandiri PMI Asal Bali Tetap Diawasi

Apabila pada sertifikat tersebut dikatakan sehat dan tidak datang dari negara terjangkit Covid-19 maka PMI tersebut diizinkan untuk pulang.

Istimewa
ILUSTRASI Sejumlah pejabat di Pemkab Gianyar tengah meninjau tempat karantina UPTD Lab Perkebunan Bedulu, Blahbatuh. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Satgas Penanggulangan Covid-19 telah mengkarantina sebanyak 177 Pekerja Migran Indonesia (PMI) sejak 27 hingga 29 Maret 2020.

Mengenai rapid test yang dilakukan kepada 177 PMI itu, Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Dewa Made Indra menyampaikan bahwa hasil yang diperoleh yakni keseluruhannya dinyatakan negatif.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Bali, Wayan Koster menyampaikan para PMI yang kembali ke Bali, setibanya di Bandara akan dilakukan pengecekan secara khusus dimana para PMI wajib menunjukkan sertifikat kesehatan secara internasional di mana mereka bekerja sebelumnya.

Apabila pada sertifikat tersebut dikatakan sehat dan tidak datang dari negara terjangkit Covid-19 maka PMI tersebut diizinkan untuk pulang.

Lonjakan Kasus Kematian Karena Corona, Ratusan Orang di Malaysia Ditangkap Akibat Langgar Lockdown

Ketua DPR Minta Seluruh Kegiatan Legislator Harus fokus pada Penanganan Wabah Covid-19

Covid-19 Menyerang Sistem Pernapasan, Ini 5 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Tetapi, jika ia datang dari negara yang terjangkit Covid-19 akan dikarantina terlebih dulu, kemudian jika sudah dinyatakan sehat akan diperbolehkan pulang.

Sementara jika ia dinyatakan positif maka akan langsung di isolasi di rumah sakit rujukan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Suyasa meminta PMI asal Bali yang sudah kembali ke rumahnya masing-masing untuk disiplin menjalani karantina mandiri atau isolasi diri sendiri.

Para PMI ini sebelumnya pulang ke rumah masing-masing tanpa menjalani karantina yang disiapkan Pemprov Bali, karena sudah mengantongi sertifikat kesehatan.

Hanya sebagian kecil pekerja migran asal Bali yang menjalani karantina yang disiapkan Pemprov.

Halaman
12
Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved