Gunakan AirAsia, 334 Pekerja Migran ABK Dipulangkan dari Dubai ke Bali

Para ABK ini sebelumnya sempat tertahan di Dubai akibat penghentian seluruh penerbangan internasional

communication AirAsia Indonesia
AirAsia​ saat melayani pemulangan pekerja migran ABK WNI dari Dubai ke Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - AirAsia hari ini baru saja menyelesaikan penerbangan niaga tidak berjadwal (commercial charter flight​) dalam rangka pemulangan sebanyak 334 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Uni Emirat Arab.

Keseluruhan WNI diterbangkan dari Bandara Internasional Dubai pada hari Rabu 8 April 2020 pukul 11:00 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada pukul 01:06 WITA dini hari tadi, setelah sebelumnya singgah di Kuala Lumpur selama 1 jam untuk mengisi bahan bakar.

Penerbangan dilakukan menggunakan pesawat Airbus A330-300 AirAsia X Malaysia dengan registrasi 9M-XXJ.

Diduga Terlibat Peredaran Narkoba, Maruf Dibekuk Beserta 16 Paket Sabu-Sabu Siap Edar

Pemerintah Berencana Geser Jadwal Cuti Hari Raya Idul Fitri, Akan Dirapatkan Sore Ini

Aparat Gabungan Bagikan Ratusan Masker & Hand Sanitizer Berbahan Arak ke Para Pedagang Pasar Kreneng

Sesuai arahan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Dubai, seluruh WNI yang dipulangkan telah memiliki sertifikat kesehatan yang dikeluarkan oleh institusi kesehatan setempat dan telah melalui prosedur pemeriksaan kesehatan yang ketat sebelum memasuki pesawat.

“Kami sangat mengapresiasi sambutan dan dukungan dari AirAsia yang telah membantu menyediakan layanan penerbangan khusus untuk repatriasi para pekerja migran Indonesia di Dubai,” imbuh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Dubai, Ridwan Hassan, Kamis (9/4/2020).

Ia menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik dari seluruh tim yang terlibat sehingga mereka yang sebelumnya sempat tertahan di Dubai akibat penghentian seluruh penerbangan internasional, kini dapat kembali ke rumah masing-masing dengan selamat.

Pasien Positif Corona di Banyuwangi Dinyatakan Sembuh

Petani Subak Uma Dawa Gianyar Kesulitan Mencari Buruh Panen

Gelandang Bali United Ini Punya Nama Yang Unik, Ternyata Begini Sejarahnya

Mewakili AirAsia Group, Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, dampak pandemi global ini tentunya dirasakan oleh siapapun, di mana pun. 

“Keterlibatan AirAsia dalam pemulangan WNI kali ini menegaskan komitmen kami untuk menyediakan layanan penerbangan khusus untuk misi kemanusiaan. Terlebih lagi sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami terbuka untuk terus membantu siapa saja yang terdampak, mulai dari pemerintah, perusahaan, organisasi hingga perorangan, untuk melalui situasi yang penuh tantangan ini bersama-sama,” jelasnya.

Setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, seluruh WNI juga melalui serangkaian prosedur pengecekan kesehatan, termasuk rapid test yang dikoordinasikan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar.

BNI Wilayah Denpasar “BNI Berbagi” Bantuan Tanggap Darurat Covid-19

Glenn Fredly Meninggal, JRX SID : Kami Akan Sangat Merindukanmu Bro

AirAsia menerapkan standar ketat dalam pengangkutan penumpang dan barang sesuai dengan rekomendasi otoritas kesehatan dunia serta kebijakan otoritas penerbangan di negara-negara yang akan diterbangi.

AirAsia melakukan desinfeksi secara menyeluruh terhadap pesawat yang digunakan untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang serta awak pesawat pada penerbangan berikutnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan penerbangan khusus AirAsia guna mengangkut bantuan kemanusiaan maupun barang kargo ke berbagai negara dan daerah, silakan menghubung melalui email i​ aa_charter@airasia.com.​(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved