Corona di Bali

Gerakan Cuci Tangan Berhadiah, Salah Satu Cara Guna Mengajak Masyarakat Hidup Bersih & Sehat

Beberapa fasilitas umum seperti tempat cuci tangan atau westafel pun kini bisa dengan mudah ditemui di beberapa tempat di Bali

Istimewa
Beberapa orang tengah mencuci tangan di westafel yang disediakan oleh Kwarda Pramuka Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Selama  masa Pandemi Virus Corona, masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kebersihan seperti salah satunya dengan rajin dan rutin mencuci tangan.

Beberapa fasilitas umum seperti tempat cuci tangan atau westafel pun kini bisa dengan mudah ditemui di beberapa tempat di Bali seperti salah satunya di Kota Denpasar, Bali.

Hal ini pun juga dilakukan oleh Kwarda Pramuka Bali.

Menariknya, selain menghadirkan fasilitas tersebut, pihak Kwarda Pramuka Bali menghadirkan sebuah gerakan menarik dan unik, yakni Gerakan Cuci Tangan Berhadiah.

Solidaritas di Tengah Pandemi Covid-19 Terus Mengalir, Pemprov Bali Terima Sumbangan dari 2 Entitas

Korban PHK Dapat Rp 700 Ribu per Bulan Selain Insentif Kartu Pra Kerja, Ini Syaratnya

Hari Ini, THR Seluruh PNS di Pemkab Bangli Cair

Waka Kwarda Pramuka Bali Bidang  Humas, Mayor Laut (KH) Bagus Partha Wijaya, SH., MH., yang ditemui Tribun Bali menyebutkan bahwa gerakan tersebut telah dimulai pihaknya sejak awal April 2020.

"Cuci tangan berhadiah ini memiliki edukasinya tersendiri yang dimana secara tidak langsung bagaimana merubah mindset masyarakat untuk selalu melakukan penerapan hidup bersih dan sehat," jelas Bagus Partha Wijaya ketika ditemui Tribun Bali di Denpasar, Bali.

Selain diajak untuk rutin mencuci tangan, masyarakat nantinya akan diberikan kesempatan untuk mengambil undian hadiah yang terdiri dari barang-barang yang berhubungan dengan pencegahan virus corona.

Lokasi fasilitas westafel ini pun di Kantor Kwarda Pramuka Bali,  Jalan Kapten Tantular, Denpasar, Bali.

"Antusias masyarakat sudah lumayan sangat efektif. Terutama masyarakat yang sedang melintas di jalan tersebut apalagi daerah tersebut tidak ada sarana cuci tangan. Nah di Kantor Kwarda Bali inilah menyediakan fasilitas tersebut baik bagi masyarakat yang sedang melintas dengan kendaraan atau pun berjalan kaki," tuturnya.

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya telah mencoba mensosialisasikan program ini ke Kwartir cabang di Kabupaten-kabupaten.

"Kita sudah mulai di Buleleng dan Jembrana, kita dukung sarananya agar mereka juga bisa melakukan gerakan yang sama. Kami berharap hal ini juga bisa diikuti oleh seluruh instansi yang ada dengan menyediakan fasilitas westafel tersebut di tempat-tempat umum," ungkapnya.

Tambahnya, pihaknya berharap agar penyebaran virus corona ini bisa terselesaikan dengan cepat.

"Harapan lainnya tentunya masyarakat bisa terus menerapkan pola hidup bersih walaupun selesai corona dan kebersihan itu harus selalu dijaga," harapnya.

Bunuh Bos Toko Bangunan Karena Dendam, Sakim Fadillah Nyatakan Pikir-Pikir Diputus 13 Tahun Penjara

Penyelundup 3 Kg Sabu Asal Cina Diganjar 20 Tahun Penjara, Ping Kwong Pasrah Menerima

Daftar Judul Film Anak yang Tayang Selama Program Belajar dari Rumah TVRI, Tanggal 11-19 Mei 2020

Selain gerakan menarik ini, Pramuka Peduli juga menghadirkan sebuah program lainnya yakni salah satunya penyemprotan disinfektan secara gratis ke desa-desa. (*)

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved