Corona di Bali

Jadi Tempat Rentan, PMI Bali Ajak Pengunjung & Pedagang Pasar Badung Putus Rantai Penularan Covid-19

Kepala Divisi Kelembagaan PMI Provinsi Bali Taufan Kristanto menjelaskan, PMI Provinsi Bali juga masuk dalam Tim Satgas Covid-19 dengan mandat

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Kegiatan PMI Provinsi Bali untuk memutus matai rantai penyebaran dan penularan covid-19 di Pasar Badung, Denpasar, Bali, Kamis (4/6/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali mengajak seluruh pedagang maupun pengunjung di areal Pasar Badung, Kumbasari dan Pemeregan Denpasar, untuk memutus rantai penyebaran dan penularan virus corona, pada Kamis (4/6/2020).

Kepala Divisi Kelembagaan PMI Provinsi Bali Taufan Kristanto menjelaskan, PMI Provinsi Bali juga masuk dalam Tim Satgas Covid-19 dengan mandat pada kegiatan pencegahan, sosialisasi dan edukasi.

Dalam percepatan pencegahan penyebaran Covid-19, Pemerintah Provinsi Bali telah membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 sejak 10 Maret 2020 melalui SK Gubernur Bali Nomor : 236/03-B/HK/2020 yang terdiri dari unsur Pemerintah Provinsi Bali, TNI, POLRI, Lembaga Swadaya Masyarakat termasuk Palang Merah Indonesia (PMI).

PMI bersama Relawan Satgas Covid-19 Bali melaksanakan sejumlah kegiatan antara lain pengecekan suhu tubuh kepada pedagang dan pengunjung, spraying atau penyemprotan cairan disinfektan di sekitar area pasar serta jalan protokol sekitar Pasar.

Tantang Pengkritik Utang Indonesia, Luhut Pandjaitan: Enggak Usah Ngomong di TV-lah,Ketemu Saya Sini

KM Odyssey Hilang Kontak, Basarnas Bali Kerahkan KN SAR Arjuna 229 Lakukan Pencarian

PPDB SMP di Kota Denpasar Dimulai 18 Juni 2020, Berikut Persyaratan untuk Masing-masing Jalur

Selain itu juga promosi dan edukasi Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) melalui cuci tangan, pendistribusian masker dan sabun serta penempatan media informasi sekitar Covid-19.

"Pemilihan lokasi Pasar Badung dan sekitarnya sebagai target pelaksanaan kegiatan promosi dan edukasi karena pasar menjadi salah satu tempat yang rentan penyebaran covid-19, menjadi sentra jual beli yang melibatkan banyak orang dengan berbagai latar belakang yang bukan hanya menjadi kegiatan ekonomi masyarakat Klungkung, namun juga dari Kabupaten/Kota lainnya di Bali," kata Taufan kepada Tribun Bali.

Taufan berharap kegiatan promosi edukasi diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Adapun tim relawan yang bergabung dalam kegiatan ini terdiri dari unsur PMI Provinsi Bali, PMI Kota Denpasar, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi dan Kota Denpasar, Pecalang, RAPI, Sai Rescue serta unsur Relawan lainnya dengan total personil sekitar 125 orang.

"Ini adalah salah satu upaya untuk dapat mencegah penyebaran virus COVID-19 di wilayah Kota Denpasar," tutur dia.

Pencegahan penyebaran Covid-19 harus diupayakan bersama baik oleh Pemerintah maupun masyarakat dengan tetap melaksanakan protocol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan, tetap menjaga jarak minimal 1 (satu) meter serta tetap menerapkan Pola Hdup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sebagaimana diketahui, pandemi virus Corona telah menjadi bencana global, dimana telah menyebar ke lebih dari 200 negara di seluruh Dunia.

Termasuk Negara Indonesia yang tidak luput dari paparan Covid-19 yang terdeteksi pada kasus pertama yang menimpa 2 (dua) warga Depok – Jawa Barat yang di laporkan pada 2 Maret 2020.

Penyebaran Covid-19 di Indonesia teradi begitu cepatnya, dan sampai saat ini bisa dikatakan hampir seluruh wilayah Provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Bali.

Dokter Hu Weifeng Meninggal Dunia, 4 Bulan Berjuang Melawan Covid-19 Hingga Kulit Wajah Menghitam

Besok Jumat 5 Juni 2020, Pengumuman Kelulusan 12.745 Siswa SMP di Denpasar Dilaksanakan Serentak

Kisah Sukses Beauty Vlogger Indonesia Berdarah Bali, Ni Putu Chandra Yang Awalnya Hanya Iseng

Dalam perkembangannya masih didapatkan data angka positif corona virus disease (Covid- 19) di wilayah Indonesia masih terus mengalami peningkatan. (*)

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved