Kodam IX/Udayana Gelar Komsos Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19 Lewat Pencak Silat

Kodam IX/Udayana menyelenggarakan kegiatan Komsos Kreatif melalui pentas seni/budaya, olahraga, dan sosio drama kepahlawanan daerah dan nasional,

Dok. Pendam IX/Udayana
Kegiatan Komsos Kreatif TA 2020 di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, pada Kamis (25/6/2020. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kodam IX/Udayana menyelenggarakan kegiatan Komsos Kreatif melalui pentas seni/budaya, olahraga, dan sosio drama kepahlawanan daerah dan nasional, seperti halnya pencak silat.

Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kodam IX/Udayana Tahun Anggaran 2020 dengan mengusung tema “Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kreatif, Inovatif dan Adaptif Ditengah Pandemi Wabah Virus Covid-19”

Seperti disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dalam sambutannya yang dibacakan Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Jemz A. Ratu Edo saat pembukaan acara di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, pada Kamis (25/6/2020)

"Komsos merupakan salah satu metode Binter dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa, sehingga terwujud Kemanunggalan TNl-Rakyat dan meningkatnya partisipasi komponen bangsa di bidang pertahanan negara," papar Aster IX/Udayana.

Kabar Duka, Noor Parida Bintang Iklan Legendaris RCTI Oke Meninggal Dunia

Kasus Meningkat Drastis, Gugus Tugas Badung Akan Lakukan Rapid Massal di Desa Darmasaba Abiansemal

Dukung Pencegahan Covid-19, Wuling Kumala Donasikan Ribuan Masker

Kegiatan Komsos Kreatif disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah serta memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dimiliki daerah, juga diarahkan pada terwujudnya ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dalam rangka pertahanan negara aspek darat.

"Kegiatan Komsos Kreatif yang digelar Kodam IXUdayana melibatkan IPSI Provinsi Bali, dikarenakan pencak silat merupakan warisan kepribadian budaya Bangsa Indonesia yang mengandung banyak unsur pembelajaran baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani karena memerlukan konsentrasi yang tinggi," jelasnya.

Lanjutnya, pencak silat tidak saja dipelajari oleh Bangsa Indonesia tapi sudah mendunia dengan Induk organisasi pencak silat yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Hari Ini, 205 Pedagang Pasar Kumbasari Resmi Dipindah ke Pelataran Pasar Badung

Kisah Perjuangan Hidup Delisa Pemeran Mira di Sinetron Preman Pensiun, Kerja Keras Demi Tebus Ijazah

Pemkot Denpasar Sebut Sudah Habiskan Rp 100 Miliar Lebih untuk Penanganan Covid-19

“Harapannya kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan serupa, sehingga kedepan tercipta generasi baru Indonesia yang memiliki jiwa cinta tanah air serta mampu mengangkat harkat, martabat dan kejayaan bangsa di kancah nasional maupun internasional," jabar dia.

Adapun dalam kegiatan Komsos Kreatif Kodam IX/Udayana juga dihadiri Ketua Perguruan Silat Nasional yang Ampuh, Sehat, Aman dan Damai (Persinas ASAD) Bali, Drs. Polih Suluhatkarso, M.Sn.,.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menambahkan, bahwa selain dilaksanakan sosialisasi tentang kegiatan Komsos Kreatif dan sosialisasi kewaspadaan bahaya Covid-19 dan tatanan kehidupan baru masyarakat produktif juga diisi pementasan.

"Ada pementasan seni beladiri dari Persinas ASAD Bali berupa peragaan seni gerak beregu, peragaan perorangan menggunakan senjata pisau, toya dan double stick, serta pertarungan seni beladiri," imbuh dia. (*)

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved