SBMPTN 2020

Unud Siap Laksanakan UTBK-SBMPTN 2020 dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Pelaksanaan UTBK juga harus memperhatikan status perkembangan pandemi Covid-19 di seluruh Pusat UTBK PTN dan mendapatkan izin dari Satgas Covid

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana konferensi pers pelaksanaan UTBK-SBMPTN Tahun 2020 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Universitas Udayana siap menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan UTBK Tahun 2020 pada Kondisi Normal Baru, dimana pelaksanaan UTBK pada kondisi normal baru (new normal), harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua komponen yang terlibat, dengan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat.

Pelaksanaan UTBK juga harus memperhatikan status perkembangan pandemi Covid-19 di seluruh Pusat UTBK PTN dan mendapatkan izin dari Satgas Covid di masing-masing daerah.

“Ada beberapa kebijakan diambil Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atas masukan para pimpinan Perguruan Tinggi atau Rektor yang tergabung di dalam LTMPT ini. Adapun kebijakan tersebut pertama adalah kebijakan di dalam materi ujian ada satu materi ujian yaitu tes potensi skolastik. Kedua adalah perubahan sesi hanya ada dua kali dalam satu hari waktunya pun disingkat,” jelas Rektor Universitas Udayana Dr.dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K), Selasa (30/6/2020) dalam konferensi persnya.

Mulai 1 Juli 2020, Cetak Kartu Keluarga dan Akta Cukup dengan Kertas A4

Daftar Harga HP Xiaomi Akhir Juni 2020: Ada Info Program Ganti Baterai Xiaomi dan Redmi Rp 100 Ribu

Bensin Premium dan Pertalite Bakal Dihapus secara Bertahap,Ini Tahapan yang Akan Dilakukan Pertamina

Sesuai dengan arahan Dirjen Dikti Kemdikbud dan Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, pelaksanaan Tes UTBK per hari, diubah dari 4 sesi menjadi 2 sesi, dengan rincian perubahan waktu sesi 1, pukul 09.00 — 11.15 Waktu Setempat; dan sesi 2, pukul 14.00 —16.15 Waktu Setempat.

Jeda waktu selama 2 jam 45 menit, digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian sesi.

Tes UTBK akan dilaksanakan dalam dua tahap, yakni Tahap I, pada tanggal 5 — 14 Juli 2020; dan Tahap II, pada tanggal 20 — 29 Juli 2020. Pengumuman SBMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2020.

Kebijakan selanjutnya peserta yang masih berada (berdomisili) di luar propinsi/kabupaten/kota dan tidak dapat hadir di lokasi Pusat UTBK PTN tempat tes karena alasan keselamatan dan kesehatan serta Pusat UTBK yang belum dapat menyelenggarakan tes karena satu dan lain hal, akan mengikuti Tes UTBK di lokasi Mitra UTBK Tambahan, di daerah setempat.

Pusat UTBK PTN bekerja sama dengan SMA/SMK/MA Mitra yang memenuhi persyaratan.

Halaman
1234
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved