Mulai 1 Juli 2020, Cetak Kartu Keluarga dan Akta Cukup dengan Kertas A4

Dengan program ini, memungkinkan warga untuk mencetak sendiri dokumen kependudukan seperti KK (kartu keluarga) dan akta menggunakan kertas A4

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Suasana di Kantor Disdukcapil Klungkung Selasa (30/6). Mulai Rabu (1/7), warga dapat mencetak dokumen kependudukan seperti akta dan KK secara mandiri menggunakan kertas A4. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Disdukcapil Klungkung mulai Rabu (1/7/2020) akan menerapkan program CERIBEL (cetak mandiri berdasarkan email).

Dengan program ini, memungkinkan warga untuk mencetak sendiri dokumen kependudukan seperti KK (kartu keluarga) dan akta menggunakan kertas A4.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Pande Made Anggarnata menjelaskan, program  CERIBEL (cetak mandiri berdasarkan email) rencananya akan di launching, Rabu (1/7/2020).

Program ini diberlakukan Dinas berdasarkan permendagri No 109.

Daftar Harga HP Xiaomi Akhir Juni 2020: Ada Info Program Ganti Baterai Xiaomi dan Redmi Rp 100 Ribu

Pimpinan DPRD Badung Dukung Pemkab Biayai Rapid Test Pekerja Pariwisata

Bensin Premium dan Pertalite Bakal Dihapus secara Bertahap,Ini Tahapan yang Akan Dilakukan Pertamina

Dengan sistem itu, warga mencetak dokumen pendudukan tidak perlu menunggu blanko khusus dari pemerintah, namun dapat menggunakan kertas HVS dengan ukuran A4.

" Penerapan sistem baru tersebut sejauh ini tidak ada kendala. Secara teknis semua sudah siap untuk diterapkan," ujar Pande Made Anggarnata, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya kedepan pengurusan baik KK dan akta sangat sangat simpel, dan praktis. 

Saat akan membuat KK atau akta, warga hanya sekali datang ke kantor Disdukcapil dengan menyerahkan alamat email dan No Hp.

Nantinya jika data sudah terekam, soft copy data kependudukan itu akan dikirim melalui email.

Warga  tinggal mencetak secara mandiri file yang dikirim melalui email, dengan kertas HVS seberat 80 gram dengan kertas ukuran A4.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved