Corona di Bali

Karyawan Pariwisata Wajib Rapid Test Mandiri, PHRI dan PUTRI Bali Minta Ditinjau Kembali

Perusahaan kepariwisataan di Bali diwajibkan melakukan tes cepat (rapid test) kepada karyawannya dengan biaya sendiri alias mandiri.

Tribun Bali/Putu Supartika
(Ilustrasi) Pelaksanaan rapid test untuk kru kapal di Sanur 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Perusahaan kepariwisataan di Bali diwajibkan melakukan tes cepat (rapid test) kepada karyawannya dengan biaya sendiri alias mandiri.

Kewajiban melakukan rapid test tersebut sebagai salah satu syarat bagi perusahaan pariwisata mendapatkan sertifikasi penerapan protokol kesehatan dan diizinkan beroperasi dalam tatanan kehidupan baru atau new normal.

Syarat rapid test secara mandiri ini tertuang dalam surat Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Nomor: 556/2782/IV/Dispar, tentang Sertifikat Tatanan Kehidupan Era baru.

Disebutkan pada poin pertama, pengelola usaha pariwisata melakukan rapid test bagi karyawannya atas biaya mandiri.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa, mengungkapkan diambilnya kebijakan rapid test bagi karyawan perusahaan pariwisata untuk menghindari terjadinya penularan Covid-19.

“Artinya maknanya ingin menyelamatkan semuanya,” kata Astawa kepada Tribun Bali, Selasa (30/6).

Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati, Senin (29/6) mengatakan, rapid test terhadap karyawan pariwisata tersebut harus dilakukan oleh perusahaannya sendiri.

Namun saat dirinya mengikuti webinar dengan pemerintah kabupaten/kota, Pemkab Badung akan menangani rapid test terhadap karyawan perusahaan yang ada di kabupaten tersebut.

“Tapi ini masih kita lihat, apakah seperti itu nanti, tapi yang jelas di pihak perusahaan sebagai salah satu syarat bahwa karyawannya itu sudah harus melakukan rapid test untuk mendapatkan sertfikasi,” jelas Wagub Cok Ace yang juga sebagai Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali itu.

Menurut Cok Ace, sertifikasi dilakukan guna memastikan perusahaan yang bersangkutan siap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved