Breaking News:

3000 Anak Telah Positif Covid-19 di Indonesia, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Menurut data resmi IDAI pada anak 0-17 tahun hingga 15 Juni 2020, tercatat 3064 anak terkonfirmasi menderita covid-19, di mana 28 di antaranya meningg

Pixabay
Ilustrasi anak pakai masker di tengah pandemi corona - 

TRIBUN-BALI.COM - Bulan ke bulan, jumlah anak terinfeksi virus corona di Indonesia semakin meningkat.

Menurut data resmi IDAI pada anak 0-17 tahun hingga 15 Juni 2020, tercatat 3064 anak terkonfirmasi menderita covid-19, di mana 28 di antaranya meninggal dunia.

Terkait kondisi ini, orangtua diminta untuk terus memberikan perlindungan luar dan dalam pada anak, sembari terus memberikan edukasi tentang protokol kesehatan.

Terlebih, saat ini di beberapa daerah sudah memberlakukan transisi menuju new normal.

Dalam jumpa pers #GerakanTanganABC, Dr. Margareta Komalasari, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak dan Anggota IDAI Jaya, mengungkapkan pentingnya memberi perlindungn dari luar dan dalam untuk buah hati.

5 Zodiak Ini Mudah Berpaling dari Pasangan, Pisces Sangat Sulit Menahan Godaan

Amor Ring Acintya, Direktur Umum Rumah Sakit Puri Raharja Denpasar Meninggal Dunia

Bisa Awetkan Makanan, Inilah Kluwek, Rempah Khas untuk Rawon yang Mengandung Asam Sianida

1. Perlindungan dari luar

Margaretha mengimbau para orangtua untuk mengajak anak agar terus memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan tetap berjemur demi mendapatkan vitamin D bagi tubuh.

Selain itu, orangtua juga diminta untuk membawa anak bermain dan beraktivitas fisik di dalam atau di luar rumah, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Anak disarankan aktif sesuai usia, misalnya untuk anak berusia 2-3 tahun, harus tetap lari, main tangkap bola,” ujar Margaretha.

“Untuk anak usia 3 tahun menendang bola, usia 4 tahun bermain sepeda, usia 5 main lompat tali, disesuaikan dengan umur, setiap hari minimal 1 jam,” imbuhnya.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved