Breaking News:

Sukoco Terlibat Peredaran Narkoba Jaringan Lapas Porong, Kini Diganjar 10 Tahun Penjara

Terdakwa Sukoco Prasetyo hanya bisa pasrah menerima putusan pidana yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Tribun Bali/Putu Candra
Sukoco telah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh hakim PN Denpasar terkait tindak pidana narkotik. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Terdakwa Sukoco Prasetyo hanya bisa pasrah menerima putusan pidana yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Terdakwa kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur 5 September 1978 ini diganjar pidana 10 tahun penjara, karena divonis bersalah menguasai sabu seberat 20,76 gram brutto.

Terungkap, ia mendapat barang terlarang itu dari narapidana penghuni Lapas Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

"Terdakwa menerima, Yang Mulia," ucap Dewi Maria Wulandari selaku anggota tim penasihat hukum dari Pos Bantuan Hukum (PBH) Peradi Denpasar dalam sidang yang digelar secara virtual, Kamis (30/7/2020).

Juga Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ketut Sujaya menyampaikan sikap yang sama menanggapi putusan majelis hakim.

Bupati Giri Prasta Beri Perhatian Masalah Krematorium di Tuka Dalung

Bupati Tabanan, Wanita Pertama yang Menjadi Mangku Sangging

Setelah 33 Tahun Mangkrak, Dewan Sidak Kelanjutan Proyek LC Sanggulan

Pada sidang pembacaan surat tuntutan, Jaksa Sujaya menuntut Sukoco dengan pidana penjara selama 13 tahun penjara, dan denda sebesar Rp 800 juta subsidair enam bulan penjara.

Sementara dalam amar putusan, majelis hakim menyatakan, terdakwa telah terbukti sah dan meyakinkan bersalah tanpa hak atau melawan menguasai narkotik golongan I bukan tanaman. Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 112 ayat (2) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotik.

"Mengadili, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 10 tahun penjara, dikurangi selama menjalani tahanan sementara dengan perintah tetap ditahan. Dan denda sebesar Rp 800 juta subsidair dua bulan penjara," tegas Hakim Ketua Hakim Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi.

Update Covid-19 di Bali - 77 Orang Sembuh, 50 Tambahan Kasus Positif

Tertutup Rapat 14 Hari karena Pegawai Terinfeksi Covid-19, Ruangan di Pemkab Klungkung Didesinfeksi

Wabup Kembang: Guru Boleh Menggunakan Dana BOS Reguler untuk Beli Kuota Internet

Diuraikan singkat dalam berkas perkara, tersangka Sukoco ditangkap petugas kepolisian Polda Bali di Jalan Tukad Buana, Padangsambian Kaja, Denpasar Barat, Jumat 7 Pebruari 2020 sekitar pukul 03.30 Wita.

Kemudian dilakukan pemeriksaan, dan tersangka mengaku bernama Sukoco Prasetyo.

Lalu dilakukan penggeledahan, hasilnya ditemukan kristal bening diduga sabu seberat 20,76 gram brutto atau 19,08 gram netto.

Selain itu ditemukan juga 1 alat isap (bong), 1 timbangan digital, 3 bendel plastik klip kosong serta barang bukti terkait lainnya.

Dari interogasi awal, tersangka mengaku membeli narkotik itu dari seseorang bernama Puguh dengan cara mengambil tempelan.

Menurut tersangka, Puguh sendiri masih mendekam di Lapas Porong Sidoarjo, Jawa Timur. (*)

Penulis: Putu Candra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved