Breaking News:

Idul Adha Tahun 2020

Paguyuban Padangsambian Bersatu Amankan Pemotongan Kurban, Umat Berbagi Daging ke Non-Muslim

Meski berlangsung di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), perayaan Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi di Bali tetap mengedepankan rasa

Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Paguyuban dari Padangsambian Bersatu (PDS) yang merupakan lembaga di bawah naungan desa adat Padangsambian, mengamankan proses pemotongan hewan kurban di Sekretariat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bali, Jumat (31/7/2020) pagi 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Meski berlangsung di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), perayaan Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi di Bali tetap mengedepankan rasa toleransi yang tinggi.

Wujud toleransi itu ditunjukkan dengan adanya sinergi antara umat muslim dengan non-muslim di Pulau Dewata.

Paguyuban dari Padangsambian Bersatu (PDS) misalnya, mereka ikut mengamankan proses pemotongan hewan kurban di Sekretariat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bali, Jum'at (31/7/2020).

Anggota Tim Patroli PDS, Anak Agung Putu Astawa menuturkan, sinergi antara pihaknya dengan umat muslim di wilayah Padangsambian sudah berlangsung sejak lama, kurang lebih dimulai pada 2012 lalu.

"Dari sekian lama memang hubungan kami, dari ketua kami begitu loyal kepada masyarakat di sekeliling untuk memberikan rasa nyaman khususnya di Padangsambian," tuturnya saat ditemui awak media di lokasi.

Berikut Obat Herbal yang Berkhasiat Turunkan Kolesterol Tinggi

SP Ancam Pukul Korban Jika Menolak Berhubungan Badan, Korban Sempat Melarikan Diri

Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19, Jumlah Hewan Kurban DPW LDII Bali Turun 15 Persen

Menurutnya, setiap perayaan Hari Raya Idul Adha selalu ada komunikasi antara pengurus dari LDII Provinsi Bali dengan pihaknya guna meminta bantuan untuk ikut berpartisipasi dalam pengamanan.

Dalam pengamanan ini, PDS yang merupakan organisasi di bawah desa adat Padangsambian ini menerjunkan sekitar enam orang perwakilan dan dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Wakil Ketua LDII Provinsi Bali, H. Hardilan mengatakan, dalam kegiatan pemotongan hewan kurban pihaknya selaku berkoordinasi dengan berbagai pihak, yakni Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan termasuk desa adat.

"Nah itulah pelaksanaanya dari tahun-ke tahun hingga saat ini," jelasnya dalam konferensi pers di sekretariatnya.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved