Breaking News:

Harga Daging Babi Mulai Merangkak Naik, Diprediksi Tembus Rp 40 Ribu Per Kilogram Saat Galungan

Meskipun harga daging babi sempat anjlok, kini harganya sudah melonjak signifikan atau jika di tingkat peternak dijual Rp 38 ribu per kilogram

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Kegiatan penyemprotan disinfektan di salah satu kandang babi milik peternak di Tabanan beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Jumlah populasi babi di Kabupaten Tabanan, Bali, saat ini jauh menurun dari sebelumnya atau hanya sekitar 6 ribuan.

Namun, meskipun harganya sempat anjlok, kini harganya sudah melonjak signifikan atau jika di tingkat peternak dijual Rp 38 ribu per kilogram.

Diprediksi akan meningkat lagi seiring dengan permintaan pada saat menjelang perayaan Hari Suci Galungan pada pertengahan September 2020 mendatang.

Wakil Ketua Gabungan Usaha Peternak Babi (Gubi) Bali I Nyoman Ariadi mengatakan, populasi babi khususnya di Kabupaten Tabanan saat ini memang sangat jauh dari sebelumnya, bahkan harganya juga anjlok.

Namun, sejak beberapa waktu terakhir harga sudah mulai merangkak naik dan saat ini sudah di harga Rp 38 ribu per kilogram.

"Saat ini harga babi di pasaran Rp 38 ribu per kilogram, meskipun permintaannya cenderung turun. Tapi nanti ketika menjelang perayaan Galungan, pasti akan naik lagi kemungkinan di kisaran Rp 40 ribu per kilogram," kata Ariadi, Jumat (14/8/2020).

Selain harga daging, kata dia, harga bibit babi kini juga sudah mulai meningkat jauh, dari sebelumnya Rp 400 ribu, kemudian naik di angka Rp 600 ribu per ekor, dan saat ini sudah di harga Rp 700-800 ribu sesuai dengan ukuran dan beratnya.

Hanya saja untuk peningkatan populasi babi saat ini masih belum terjadi secara drastis, mengingat para peternak masih trauma dengan kejadian sebelumnya.

Namun, sejumlah peternak di Tabanan saat ini sudah mulai berani beternak babi meskipun hanya beberapa ekor.

Ia berharap semoga kondisi ini terus membaik.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved