Breaking News:

Usulan Ida I Dewa Agung Jambe Sebagai Pahlawan Nasional Masih Tahap Kajian

22 Juli 2020 lalu sudah sempat dilakukan rapat terkait pengajuan Ida I Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Seorang warga memandangi foto raja Klungkung Ida I Dewa Agung Jambe yang dipajang di Museum Semarajaya, Klungkung, Bali, Kamis (19/9/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Hingga saat ini, Klungkung belum memiliki tokoh yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Setelah tidak kunjung berhasil mengusulkan Ida I Dewa Istri Kanya, Pemkab Klungkung mengusulkan tokoh puri lainnya, Ida I Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional.

Saat ini prosesnya pun masih tahap pengkajian dan penyusunan dokumentasi.

Kabid pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin Dinas Sosial Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung I Wayan Wirata menjelaskan, 22 Juli 2020 lalu sudah sempat dilakukan rapat terkait pengajuan Ida I Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional.

Rapat tersebut melibatkan tim ahli dari Universitas Udayana, Dinas Sosial dan para tokoh Puri Klungkung.

"Saat ini kami masih dalam tahap proses pengkajian dan penyusunan dokumentasi, untuk mendukung usulan Ida I Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional," ungkap Wirata, Minggu (16/8/2020).

Disamping itu pula, dibahas tentang perencanaan nama jalan dan bangunan pemerintahan menggunakan nama Oda I Dewa Agung Jambe.

Serta rencana untuk pembangunan patung Ida I Dewa Agung Jambe.

"Terkait persyaratan untuk penetapan pahlawan nasional, sudah saya sampaikan ke tim pengkaji, di antaranya dokumen perjuangan, usulan dari keluarga dalam hal ini adalah Puti Klungkung, hasil seminar, rekomendasi dukungan usulan dari berbagai pihak, bukti bangunan, jalan yang menggunakan nama tokoh yang diusilkan dan lainnya. Semua sudah dibahas oleh tim," jelasnya Wirata

Sementara penglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semara Putra menjelaskan, hingga saat ini Klungkung belum memiliki pahlawan nasional.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved