Breaking News:

133 Warga Binaan Lapas Singaraja Terima Remisi Kemerdekaan RI

Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia yang jatuh pada Senin (17/8/2020) menjadi berkah bagi ratusan warga binaan Lapas Kelas IIB Singaraja.

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Wakil Bupati Buleleng bersama Kalapas Kelas IIB Singaraja saat memberikan remisi Kemerdekaan RI secara simbolis kepasa warga binaan, Senin (17/8/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia yang jatuh pada Senin (17/8/2020) menjadi berkah bagi ratusan warga binaan Lapas Kelas IIB Singaraja.

Pasalnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI memberikan remisi atau potongan masa tahanan, selama satu hingga lima bulan.

Ditemui saat memberikan remisi secara simbolis kepada warga binaan, Kalapas Kelas IIB Singaraja, Mut Zaini mengatakan, remisi diberikan kepada 133 warga binaan yang berkelakuan baik, serta sudah menjalani masa tahanan lebih dari enam bulan.

Di mana, dari 133 warga binaan itu, 48 orang di antaranya mendapatkan remisi satu bulan.

23 orang dapat remisi dua bulan. 38 orang dapat remisi tiga bulan. 19 orang dapat remisi empat bulan. Dan lima orang dapat remisi lima bulan.

Pemberian Remisi HUT Ke-75 RI di Lapas Kerobokan, 17 WBP Hirup Udara Bebas, Salah Satunya WN Jerman

Kapolres Badung Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia secara Virtual  

Dari 133 Desa, Hanya 9 Desa di Tabanan yang Memiliki Tempat Pembuangan Sampah 3R

"Yang kami usulkan untuk mendapatkan remisi 133 orang, dan kementerian menyetujui semua usulan kami. Sebenarnya ada satu orang warga binaan kasus narkoba, yang apabila dikurangkan dengan remisi bisa bebas langsung. Tapi karena yang bersangkutan harus menjalani subsider pengganti denda, jadi dia harus selesaikan dulu subsidernya dulu di lapas selama empat bulan," terang Mut Zaini.

Sementara Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra mengatakan, Hari Kemerdekaan ini menjadi milik segenap lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah juga memberikan apresiasi berupa pengurangan masa tahanan bagi para warga binaan lapas, yang telah menunjukkan prestasi dedikasi, dan disiplin tinggi dapam mengikuti program pembinaan.

Ahok Ungkap Jokowi Marah-marah karena Perintahnya Tak Dijalankan, Habis di Janji Manis

Bupati Artha Ikuti Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia secara Virtual, Veteran Dihadiahi Sembako

Ia pun berharap kepada para warga binaan lapas yang telah menerima remisi agar terus disiplin dan berkelakuan baik, utamanya saat kembali menjalankan aktivitas di tengah masyarakat.

"Saya lihat kegiatan pemasyarakatan di lapas ini sudah sangat baik. Warga binaan bisa melaksanakan aktivitas seperti di luar LP, mereka bisa berkreativitas dan beraktivitas sesuai kemampuan mereka baik itu keterampilannya maupun intelegensinya," tutup Sutjidra. (*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved