Breaking News:

Pilkada Serentak

KPU Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Prokes Saat Kampanye, Mulai Peringatan Hingga Larangan Kampanye

“Iya. (Sanksi) ini sedang dirumuskan. Disesuaikan dengan hasil RDP (rapat dengar pendapat) di DPR RI pada Senin kemarin (21/9),” katanya, Selasa

KOMPAS.COM
Komisioner KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Komisioner KPU RI, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menegaskan bahwa pihaknya saat ini sedang menggodok sanksi bagi aktivitas kampanye Pilkada Serentak 2020 yang melanggar protokol kesehatan (Prokes).

Ia menjelaskan bahwa sanksi tersebut nantinya akan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017, serta PKPU Nomor 6 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah ke dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2020.

“Iya. (Sanksi) ini sedang dirumuskan. Disesuaikan dengan hasil RDP (rapat dengar pendapat) di DPR RI pada Senin kemarin (21/9),” katanya, Selasa (22/9/2020).

Ia juga menyebutkan bahwa penerapan sanksi tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan jajaran KPU RI pada 15 September 2020 lalu.

Ini Beberapa Gejala yang Mungkin Tersisa Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Tim Liga 1 Bakal Dianggap Kalah Kalau Suporternya Datang ke Stadion

Ketut Sundria Meninggal, Sugawa Korry Sebut Golkar Bali Kehilangan Panutan

Evaluasi itu menyoroti pelanggaran prokes yang terjadi dalam tahap pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Bahkan, ia menyebutkan pelanggaran tersebut terjadi dalam perjalanan menuju KPU.

“Banyak yang melanggar,” katanya.

Karena itu, sambung dia, menjelang masa kampanye yang akan dimulai pada 26 September 2020 mendatang, pihaknya di KPU RI sedang merumuskan bentuk sanksi yang bisa diterapkan nantinya.

“Ada beberapa opsi. Tapi semuanya masih kami rumuskan,” sebut mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali ini.

Beberapa opsi mengenai sanksi tersebut antara lain, peringatan tertulis kepada pasangan calon, tim pemenangan, maupun partai-partai politik yang mengusung dan mendukung.

Halaman
12
Penulis: Ragil Armando
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved