Breaking News:

Pilkada Serentak

KPU Uji Publik DPS Pilkada Tabanan 2020, Verifikasi Saran dan Perbaikan Bawaslu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan melaksanakan Uji Publik Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan 2020

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan melaksanakan Uji Publik Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan di Kantor KPU Tabanan, Tabanan, Bali, Minggu (27/9/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan melaksanakan Uji Publik Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan di Kantor KPU Tabanan, Tabanan, Bali, Minggu (27/9/2020).

Uji publik tersebut dilaksanakan untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sudah diumumkan KPU.

Menurut data yang berhasil diperoleh, Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Tabanan saat ini sebanyak 363.330 pemilih.

Dari jumlah tersebut, Bawaslu memberikan saran dan perbaikan, salah satunya terkait adanya pemilih ganda, WNA, pemilih dengan usia tak wajar, kurang dari 17 tahun sudah menikah, DPK 2019 belum masuk DPS, TMS meninggal, invalid, serta pemilih tercecer.

Komisioner KPU Tabanan Divisi, Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina menjelaskan, secara umum Uji Publik DPS ini sudah tak ada tanggapan dari parpol.

KPU menjelaskan atau melakukan klarifikasi mengenai saran dan masukan dari Bawaslu Tabanan saat pleno DPS beberapa waktu lalu.

Putuskan Dukung Jaya-Wira di Pilkada Tabanan, Begini Alasan PKB

Pembukaan Kampanye Dilaksanakan Seremonial, KPU Tabanan Undi Nomor Urut Paslon

"Secara umum dari parpol sudah tak ada anggapan. Hanya saja kami melakukan klarifikasi terkait saran dan perbaikan dari Bawaslu Tabanan," jelas Ketut Sugina usai acara, Minggu (27/9/2020).

Sugina melanjutkan, dari Bawaslu juga mengindikasikan ada kegandaan atau pemilih ganda.

Dari jumlah DPS tersebut, ada 5.045 yang ganda dari screening yang menggunakan nama dan tanggal lahir.

Kemudian ada 293 yang ganda setelah dicek berdasarkan nama, tanggal lahir, dan tempat lahir.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved