Breaking News:

Pemuteran Bay Festival 2020 Sukses Digelar Selama 3 Hari, Bisa Disaksikan Via Online

Desa Pemuteran yang terpilih sebagai Global Top 100 Sustainable Destination Awards 2020, sukses menggelar Pemuteran Bay Festival 2020.

Panitia Festival Pemuteran Bay
Pelaksanaan Pemuteran Bay Festival 2020 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Desa Pemuteran yang terpilih sebagai Global Top 100 Sustainable Destination Awards 2020, sukses menggelar Pemuteran Bay Festival 2020.

Setelah kesuksesan Desa Pemuteran dalam meraih tiga penghargaan terbaik kategori Best of Nature Green Destination Awards, kini Desa Pemuteran pun sukses menjadi lokasi sebagai aktivasi Pemuteran Bay Festival 2020.

Dalam rilis yang diterima Tribun Bali, Senin (26/10/2020), Pemuteran Bay Festival 2020 dilatarbelakangi oleh komitmen masyarakat Desa Pemuteran untuk berkelanjutan melakukan kegiatan konservasi lingkungan serta mewujudkan Pemuteran sebagai tujuan wisata alternatif berbasis pemberdayaan masyarakat dan konservasi lingkungan ecotourism.

Baca juga: 15 Orang Terjaring Sidak Masker di Jembrana Dikenakan Hukuman Push Up

Baca juga: Pelatih Bali United Teco: Orang Asing Senang Bila Venue Pembukaan Piala Dunia U-20 di Bali

Baca juga: Pemkab Jembrana Sasar Pelajar Sosialisasi Peradaban Jembrana di Museum Gilimanuk

Berbagai penghargaan dan prestasi yang diraih Desa Pemuteran di bidang pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, sudah sepatutnya untuk terus digaungkan melalui ajang festival seni budaya lingkungan.

Hal ini dilakukan untuk memberikan atraksi yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang berkunjung.

Tahun 2020 ini adalah kali kelima berlangsungnya Pemuteran Bay Festival.

Baca juga: Tabiat Buruk Wahyu Terhenti di Klungkung, Beraksi di 10 TKP dan 3 Provinsi

Baca juga: Berbagai Ritual Sudah Dilaksanakan Pemprov Bali dalam Upaya penanganan Covid-19 Secara Niskala

Baca juga: PT LIB Minta Polri Segera Beri Kepastian Terkait Kelanjutan Liga 1 dan 2

Sejak lima tahun berturut-turut kehadirannya, festival ini kerap mendukung upaya pariwisata dengan potensi atraksi dan objek wisata yang dimilikinya, yang sangat variatif untuk terus diperkenalkan secara berkesinambungan.

Meski terhalang Covid-19, tak menggentarkan niat penyelenggara Pemuteran Bay Festival untuk tetap menyelenggarakan festival ini dengan segala keterbatasan dan penyesuaiaan terhadap protokol kesehatan dan suguhan yang disajikan secara virtual.

Festival yang mengambil lokasi di Tajung Budaya Dalem Desa Pemuteran Gerogak Singaraja Buleleng yang terletak di Bali Utara ini berlangsung pada 23 hingga 25 Oktober 2020.

Baca juga: Siswi SMA Nekat Lompati Jembatan, Motif Rindu Ibunya, Keinginan Tak Kesampaian

Baca juga: Tiga Rumah Sakit di Bali Telah Berikan Layanan Kesehatan Tradisional

Baca juga: Rutan Gianyar Bagikan Masker dan Hand Sanitizer pada Pengguna Jalan

Dimulai dari pukul 09.00 Wita - 21.00 Wita, festival ini juga difungsikan sebagai wadah untuk berbagi serta memperkenalkan potensi Pemuteran lainnya sebagai salah satu objek wisata alternatif dengan skema pemberdayaan masyarakat dan konservasi lingkungan.

Insiator dan juga founder Pemuteran Bay Festival Agung Bagus Mantra, mengatakan Pemuteran Bay Festival 2020, diselenggarakan sekaligus sebagai ajang untuk perayaan promosi dan evaluasi atas penghargaan tiga terbaik kategori Best of Nature Green Destination Awards.

Selain diisi oleh kegiatan environmental Reef Gardening, Beach and Bay Clean Up, Yoga, Nature and Creative Talk, Fishing Competition, Live Cooking, Pemuteran Bay Festival juga dihiasi dengan live musik dari beberapa band kenamaan tanah air, seperti: Jack & Konot, Emoni, Ayu Laksmi, Kalimasada, The Small Axe, Kroncong Jancuk, Jun Bintang, Gerokgak Music Community dan Robi Navicula.

Baca juga: Video Nenek Malang Dipukuli Wanita Muda Saat Hujan Viral di Medsos, Ternyata Ibu Dan Anak

Baca juga: BREAKING NEWS - Legenda Timnas Brasil, Ronaldinho Positif COVID-19

"Desa Pemuteran bangga. Masyarakat bangga. Kita patut bangga. Sebab dengan diraihnya penghargaan ini, sangat mengharumkan negeri kita tercinta. Penghargaan ini akan diserahkan pada tahun 2021 nanti, postponed, seharusnya diserahkan di ITB Berlin 2020," katanya.

Event ini dapat disaksikan di kanal Facebook page Pemuteran Bay Festival dan juga kanal Youtube Pregina Art & Showbiz Bali. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved