Breaking News:

Persiapan Piala Dunia U-20, Renovasi Stadion Dipta Dimulai

Stadion Kapten I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar, Bali akhirnya mulai direnovasi sebagai persiapan untuk Piala Dunia U-20.

Dokumentasi Pemprov Bali
Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra melakukan peletakan batu pertama renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta pada acara Penandatanganan Kontrak dan Kick Off Renovasi Stadion dan Lapangan Sepakbola, Jum'at (6/11/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Stadion Kapten I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar, Bali akhirnya mulai direnovasi sebagai persiapan untuk Piala Dunia U-20.

Peletakan batu pertama renovasi stadion tersebut dilakukan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra pada acara Penandatanganan Kontrak dan Kick Off Renovasi Stadion dan Lapangan Sepakbola, Jumat (6/11/2020).

Peletakan batu pertama renovasi Stadion Dipta juga disaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali; dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melalui virtual.

Baca juga: Putrinya Dapat Ancaman Pembunuhan, Ruben Onsu: Saya Marah Banget

Baca juga: Hadiri Kick Off Renovasi Stadion Dipta Gianyar, Ini Harapan Dua Legenda Sepakbola Bali

Baca juga: Lesti Kejora Nangis Nyanyikan Lagu Terlena, Rizky Billar Baper dan Punya Kenangan Manis

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya KemenPUPR RI, Danis Hidayat melaporkan, ada tiga paket yang akan dilakukan dalam pengerjaan renovasi ini.

Pertama ialah pekerjaan renovasi venue utama dan lapangan latihan di Bali yang meliputi satu stadion utama Kapten I Wayan Dipta bersama empat lapangan latihan yakni Stadion I Gusti Ngurah Rai, Stadion Kompyang Sujana di Kota Denpasar, Stadion Gelora Samudra dan Stadion Gelora Trisakti di Kabupaten Badung.

"Paket pekerjaan ini dilakukan oleh PT PP Persero dengan nilai kontrak Rp 152,9 miliar lebih," ujar Danis Hidayat.

Baca juga: Jadwal Lengkap Liga Italia Pekan Ini, AC Milan Menjaga Tren Positif

Baca juga: 7 Weton Paling Istimewa Menurut Kepercayaan Orang Jawa, Beruntunglah Lahir pada Hari Tersebut

Baca juga: Konsultasi ke Kemenparekraf, Bagian dari Perjuangan Badung agar Dana Hibah Terserap Maksimal

Paket kedua bernama renovasi di Stadion Utama Kota Surakarta yang meliputi Stadion Manahan dan empat lapangan latihan.

Sedangkan paket ketiga, berlokasi di Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera yang meliputi tujuh lapangan latihan, seperti tiga di Jawa Barat, satu lapangan latihan di Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, dan tiga lapangan latihan di Sumatera Selatan.

"Masa pelaksanaan renovasi ini ditargetkan pekerjaannya selama enam bulan atau 180 hari kalender, dari tanggal 6 November 2020 sampai 7 Mei 2021," jelasnya.

Baca juga: Syarat Hotel dan Restoran di Badung agar Bisa Menerima Dana Hibah Pariwisata

Baca juga: Jumat Ceria, Satlantas Jembrana Bagikan 100 Nasi Bungkus ke Pengendara

Baca juga: Klub Liga 2 Akan Dapat Tambahan Subsidi Sebesar Rp 100 Juta oleh PT LIB

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengharapkan pekerjaan ini dapat dilaksanakan dengan tepat mutu, tepat waktu, tepat biaya, tepat administrasi dan bermanfaat sehingga hasilnya baik.

"Semangat Timnas Indonesia yang penuh dengan kerja keras dan berlatih untuk berlaga di Piala Dunia-U20 nanti, akan kita imbangi dengan prasarana yang baik," kata dia.

Untuk itu, Basuki memohon agar renovasi stadion ini serius dilakukan, terutama pada lighting dan rumputnya. Mengingat waktu kita hanya enam bulan, maka kesempatan ini mohon dipakai untuk memperbaiki venue sesuai standar FIFA.

"Stadion ini akan memiliki venue bertaraf internasional. Jadi konsultannya harus mengawasi dengan baik, ini waktu cuma 6 bulan, tolong jangan sampai mundur, harus dipersiapkan dengan baik," tegasnya.

Ia berharap kepada Gubernur, Walikota, dan Bupati, apabila renovasi selesai dan diserahterimakan agar dapat dikelola serta dimanfaatkan dengan baik. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved