Breaking News:

Pengangguran di Indonesia Sempat Turun Awal Tahun 2020, Kini Sudah Capai 9,7 Juta

Jumlah pengangguran di Indonesia telah mencapai 9,7 juta orang. Padahal, awal tahun 2020 jumlah pengagguran sempat turun.

mohamed Hassan via Pixabay.com
Ilustrasi pengangguran. 

TRIBUN-BALI.COM - Jumlah pengangguran di Indonesia telah mencapai 9,7 juta orang.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS).

Padahal, awal tahun 2020 jumlah pengagguran sempat turun.

Baca juga: Menpar Usulkan Pariwisata Bali Lakukan Pinjaman Lunak ke Pusat untuk Hindari PHK

Pengangguran di Indonesia kembali meningkat karena pandemi Covid-19 yang berdampak sangat besar untuk sektor ketenagakerjaan.

“Pengangguran menurut data BPS 9,7 juta orang, seperti yang kita prediksi pengangguran kita tahun 2019 itu 7,50 juta orang. Februari 2020 pengangguran kita turun menjadi 6,9 juta orang. Karena pandemi Covid 19 ini data yang ada di Kemnaker yang terdata ada 2,1 juta orang,” ujar Ida di Jawa Timur, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Update PHK di Badung Bali, 1.551 Orang Di-PHK dan 42.409 Orang Dirumahkan Per Juli 2020

Ida menyatakan pemerintah telah banyak melakukan upaya mitigasi untuk mengatasi dampak dari Covid-19 ini.

Program-program yang dilakukan oleh pemerintah tidak hanya ada di Kementerian Ketenagakerjaan tapi juga di luar kementerian ketenagakerjaan.

“Padat karya diperluas, padat karya yang ada kementerian PUPR, di kementerian desa,” katanya.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan bahasa Jepang secara daring bagi CPMI Tahun 2020 di Ruang Serbaguna, Kemnaker, Jakarta, Jumat (14/8/2020).
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan bahasa Jepang secara daring bagi CPMI Tahun 2020 di Ruang Serbaguna, Kemnaker, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (Humas Kemnaker)

Di Kementerian Ketenagakerjaan sendiri terus melakukan program peningkatan kompetensi melalui  pelatihan-pelatihan, serta memperluas kegiatan perluasan kesempatan kerja,

Baca juga: 8 Poin UU Cipta Kerja yang Jadi Sorotan Buruh, Mulai Sistem Kerja Kontrak hingga Alasan PHK

Termasuk memperbanyak pelatihan-pelatihan kewirausahaan

“Untuk mengisi kekosongan banyaknya kesempatan kerja yang berkurang, serta pasar kerja yang belum begitu optimis, maka pilihan yang kita dorong memperbanyak pelatihan-pelatihan kewirausahaan,” kata Ida

Untuk menangani Covid 19, Ida berujar pihaknya juga memberikan program jaring pengaman sosial, program padat karya produktif, padat karya infrastruktur, pelatihan kewirausahaan baik yang dilakukan di BLK maupun yang dilakukan secara langsung kelompok masyarakat. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengangguran Capai 9,7 Juta, Kemnaker Lakukan Upaya Mitigasi

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved