Fraksi Demokrat DPRD Bali Usulkan Adanya Pembangunan Stadion Bertaraf Internasional

Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Bali mengusulkan adanya pembangunan stadion sepak bola bertaraf internasional

Tribun Bali/M Firdian Sani
Foto ilustrasi stadion sepakbola 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali mengusulkan adanya pembangunan stadion sepak bola/gelanggang olahraga (GOR) bertaraf internasional di Pulau Dewata.

Usulan itu disampaikan karena Fraksi Demokrat DPRD Bali menilai bahwa perkembangan olahraga sudah menjadi kegemaran masyarakat, khususnya di Bali.

"Maka kami Fraksi Partai Demokrat usulkan agar saudara Gubernur segera membangun stadion sepak bola/GOR bertaraf Internasional sehingga menjadi kebanggan masyarakat Bali," kata Wakil Ketua Fraksi Demokrat DPRD Bali, I Komang Wirawan, saat dihubungi Tribun Bali melalui sambungan telepon, Jumat (20/11/2020).

Wirawan menuturkan, minat pemuda di Indonesia, termasuk Bali, saat ini memang sangat tinggi.

Baca juga: Seberapa Efektif Penggunaan Sunblock di Bawah Terik Matahari ? Berikut Penjelasannya

Baca juga: Penyidik Polda Metro Bakal Umumkan Forensik Wajah Pemeran Video Syur Mirip Gisel, Ungkap Ini

Baca juga: Awas Komplikasi Morning Sickness, Ini Tanda-tandanya

Maka dari itu, dirinya berharap kehadiran stadion sepak bola/GOR bertaraf internasional ini bisa membuat pemuda semakin berkreasi dan kreatif sehingga tidak selamanya menjadi penonton.

Selain itu, keberadaan stadion sepak bola/GOR bertaraf internasional juga sebagai upaya meminimalisir anak muda yang mempunyai bakat untuk hijrah ke luar negeri.

"Mengingat negara lain sudah jauh (berkembang). (Kita) tertinggal dari pada negara yang lain," tutur anggota Komisi IV DPRD Bali itu.

Selain sebagai wadah bagi pemuda untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam olahraga, stadion sepak bola/GOR internasional ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu sarana pendukung pengembangan pariwisata olahraga (sport tourism).

Hal ini dikarenakan kehidupan masyarakat Bali sangat bertumpu dengan keberadaan sektor pariwisata.

Sayangnya, di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), perekonomian Bali yang bergantung dari pariwisata mengalami anjlok yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, nantinya jika ada stadion sepak bola/GOR bertaraf internasional bakal sangat mendukung keberadaan pariwisata yang lebih bagus.

Stadion sepak bola/GOR bertaraf internasional bisa lebih banyak mengundang wisatawan internasional dan juga bisa dipakai untuk menyelenggarakan pertandingan persahabatan antarnegara.

Wirawan berharap, pembangunan stadion sepak bola/GOR bertaraf internasional segera dibangun, yakni setidaknya pada 2022 atau 2023 mendatang.

Mengenai usulan lokasinya, Wirawan mengaku masih dalam proses pembicaraan.

Namun yang pasti, pembangunan stadion sepak bola/GOR bertaraf internasional jangan dibangun di Kabupaten Gianyar mengingat sudah ada stadion sepak bola Kapten I Wayan Dipta dan wilayahnya yang kecil.

"Sehingga penonton atau pun parkir kurang. Harus ditempatkan itu pada tempat yang bagus. Kan nanti pemerintah yang mengarahkan," kata politisi asal Banjar Dinas Mekar Sari, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali itu. (*).

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved