Breaking News:

LKBN ANTARA Biro Bali luncurkan Buku Esai peringati HUT Ke-83

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Bali meluncurkan buku esai bertajuk "Suara Milenial untuk Bali", serangkaian memperingati HUT ke-83

Antara/Nyoman Hendra
Kepala Bidang Komunikasi dan informasi publik Kominfo Denpasar Gde Wirakusuma Wahyudi (kanan) saat peluncuran buku esai "Suara Milenial Untuk Bali" dalam rangka HUT Ke-83 LKBN ANTARA di Gedung Dharmanegara Alaya (DNA) Denpasar, Minggu. (Foto: Nyoman Hendra) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Bali meluncurkan buku esai bertajuk "Suara Milenial untuk Bali", serangkaian memperingati HUT ke-83, yang ditandai dengan penandatanganan poster sampul buku itu oleh Kepala Bidang Komunikasi dan informasi publik Kominfo Denpasar Gde Wirakusuma Wahyudi dan perwakilan Disparta serta Bekraf Denpasar.

"Buku esai itu adalah hasil perlombaan pada HUT Antara ke-82 lalu. Semula, kami pesimistis karena temanya terkait dengan program Gubernur Bali, namun ternyata antusias dari para siswa justru membeludak," kata Kepala LKBN ANTARA Biro Bali, Edy M. Ya'kub, dalam sambutannya saat peluncuran buku di Gedung Dharmanegara Alaya (DNA) Denpasar, Minggu.

Baca juga: Empat Pendaki Gunung Agung yang Tersesat Ditemukan di Ketinggian 1.335 MDPL

Baca juga: Nekat Menambang Meski Dilarang, Truk Penambang Pasir Terseret Arus Lahar Dingin Gunung Semeru

Baca juga: Peringati Dies Natalis Ke-4, Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha Denpasar Adakan Webinar Kesehatan

Ia mengatakan awalnya muncul rasa pesimistis karena tema lomba terkait dengan program Gubernur Bali seperti Bahasa Bali, Busana Bali, sampah plastik, produk lokal, dan sebagainya.

Namun, potensi pelajar SMA/SMK se-Bali cukup luar biasa, karena prediksi awal hanya puluhan peserta justru membeludak hingga 103 peserta atau 103 esai.

Selain potensial, kata Edy yang juga turut menandatangani poster sampul buku itu, pelajar Bali itu juga sangat kritis dan bahkan menyertakan solusi yang layak untuk direalisasikan oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Mobil Patroli Polisi Ditabrak Kereta Api, 2 Polisi Tewas, Satu TNI Hilang Diduga Terlempar ke Sungai

Baca juga: Kecelakaan Maut Mobil vs Kereta Api, 2 Polisi dan 1 TNI Tewas, Seorang Korban Belum Ditemukan

Baca juga: Tim SAR Gabungan Temukan 4 Pendaki di Gunung Agung Dalam Keadaan Selamat 

Salah satunya terkait peranan Bahasa Bali dalam pendidikan, dari esai tersebut mengusulkan untuk merumuskan modul dalam pembelajaran di sekolah. Selain itu, membentuk kawasan bahasa/sastra Bali pada lokasi tertentu.

"Ya, buku ini merupakan kado untuk ANTARA dan juga untuk Provinsi Bali," katanya.

Selain peluncuran buku esai, rangkaian acara lain berupa workshop jurnalistik dan foto jurnalistik.

"Pihak DNA mengapresiasi workshop jurnalistik itu karena pesertanya membeludak dan jika tidak dibatasi akan banyak, karena itu workshop jurnalistik serta lomba esai yang sama sangat mungkin diselenggarakan lagi untuk tahun berikutnya," katanya.

Baca juga: Rekonstruksi Insiden Bentrokan Laskar FPI-Polisi Dikawal Ketat, 58 Adegan Diperagakan di 4 TKP

Baca juga: Bawa Energi Negatif untuk Penghuninya, Tanaman Ini Pantang Ditanam di Halaman Rumah Menurut Fengshui

Baca juga: PLN Sukseskan Gelaran 13th Bali Democracy Forum, Siagakan Pasukan PDKB

Adapun jumlah peserta workshop jurnalistik sekitar 30 orang dari kalangan mahasiswa, dan staf humas dari beberapa instansi yang juga bekerja sama dengan LKBN ANTARA.

Dalam workshop itu, belasan peserta yang aktif bertanya dalam workshop jurnalistik itu mendapatkan "kado" buku esai itu.

Rangkaian peringatan HUT Ke-83 Kantor Berita ANTARA di Bali diawali dengan pameran foto "COVID-19" bertajuk "Grubug Ageng" di Gedung Kesenian Dharmanegara Alaya (DNA) Denpasar pada 3 Oktober hingga 31 Desember 2020, kemudian dilanjutkan dengan acaran Simakrama Internal Keluarga Besar LKBN ANTARA Bali bersama karyawan dan pensiunan di Kantor ANTARA Bali pada 12 Desember 2020.  (Khania/Antara)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved