Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Puncak Pergerakan Penumpang Libur Natal di Bandara Ngurah Rai Diprediksi 23 Desember 2020

Pergerakan penumpang domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali masih dinamis terdapat peningkatan dan penurunan

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana kedatangan penumpang domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Rabu (23/12/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pergerakan penumpang domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sejak Posko Monitoring Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 beroperasi tanggal 18 Desember lalu masih dinamis terdapat peningkatan dan penurunan.

Periode 18-22 Desember pergerakan penumpang domestik kedatangan dan keberangkatan tercatat berjumlah 63.148 penumpang telah dilayani Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Rincian jumlah itu tercatat, untuk kedatangan domestik periode itu berjumlah 27.389 penumpang dan keberangkatan domestik 35.759 penumpang.

"Paling tinggi di tanggal 20 Desember sebanyak 6.289 kedatangan dan keberangkatan 9.163 penumpang. Periode lima hari terakhir rata-rata untuk kedatangan sebesar 5 ribu penumpang dan keberangkatan mencapai 7 ribu penumpang," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, saat ditemui tribunbali.com, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Rai Mantra dan Jaya Negara Ucapkan Selamat Hari Raya Natal dan Tahun Baru

Baca juga: ASN Dilarang Bepergian Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Baca juga: BREAKING NEWS: Gubernur Bali,Pangdam IX/Udayana & Kapolda Cek Kesiapan Nataru di Pelabuhan Gilimanuk

Menurutnya jumlah itu jika dibandingkan periode yang sama dengan tahun lalu terjadi penurunan sebesar lebih kurang 80 persen.

Penyebabnya diperkirakan karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 dan kebijakan pengetatan protokol kesehatan dari Pemerintah khususnya bagi para Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN).

Taufan menambahkan, melihat data pergerakan penumpang selama lima hari terakhir, puncak pergerakan penumpang domestik libur Natal Tahun 2020 akan terjadi hari ini (23/12/2020).

"Kalau prediksi kami ini puncak pergerakan penumpang itu pada hari ini (23/12/2020) karena besok tanggal 24 sudah libur cuti bersama. Prediksi kami di tanggal 23 ini untuk puncaknya. Kedatangan domestik hingga pukul 18.00 WITA ini sudah mencapai 7 ribu penumpang," ungkapnya.

Sementara, keberangkatan domestik data masuk hingga 18.00 WITA sudah berjumlah 6.600 penumpang.

Data statistik ini masih bersifat sementara dan dipredisikan hari ini (23/12/2020) menjadi puncak pergerakan penumpang domestik Libur Natal 2020 di Bandara tersibuk ketiga di Indonesia ini.

"Bisa jadi 24 dan 25 Desember nanti pergerakan penumpang domestik turun dibandingkan hari ini. Tapi kita lihat nanti realitanya dari data setelah Natal, sebelumnya prediksi kami rilis itu puncak Natal di tanggal 25 mendatang di kedatangannya. Dan arus baliknya di tanggal 29 mendatang," jelasnya.

Menurutnya, pergerakan penumpang domestik masih didominasi berasal dari kota-kota besar di Indonesia mulai DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, DI Yogyakarta, Makassar dan lainnya.(*).

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved