Breaking News:

Virus Corona

China Klaim Sukses Luar Biasa Atasi Covid-19 Menjelang Penyelidikan WHO

pemimpin di Partai Komunis China mengklaim sukses luar biasa menangani Covid-19, jelang penyelidikan Badan Kesehatan Dunia ( WHO)

Zhang Yuwei / XINHUA / Xinhua via AFP
Seorang staf menampilkan sampel vaksin Covid-19 yang tidak aktif di pabrik produksi vaksin China National Pharmaceutical Group Co., Ltd. (Sinopharm) di Beijing, ibukota China, 10 April 2020. 

TRIBUN-BALI.COM - Para pemimpin Partai Komunis China mengklaim sukses luar biasa dalam mengatasi Covid-19, jelang dilakukannya penyelidikan Badan Kesehatan Dunia ( WHO) untuk mengungkap asal usul wabah itu.

Beijing menghadapi tekanan dan kritik baik di internal maupun dari luar negeri, ketika wabah itu pertama kali muncul di Wuhan, Desember 2019.

Kini, biro politik, lembaga top di Partai Komunis China, menyebut kepemimpinan mereka memainkan peran penting dalam menangani Covid-19.

Klaim itu dipublikasikan media pemerintah Xinhua, yang mengutip keterangan resmi para pemimpin biro setelah dua hari menggelar rapat.

Baca juga: China Akan Sambut Kunjungan Tim WHO untuk Selidiki Asal-usul Covid-19

"Pada momen kritis ini, Komisi Pusat Partai mengambil kebijakan jangka panjang dan memperoleh kemenangan luar biasa pada tantangan tahun ini," jelas biro.

Saat ini, China merupakan negara adidaya pertama yang mencatat pertumbuhan ekonomi tahun ini, setelah kebijakan ketat mereka dalam menangkal virus corona.

Namun, "Negeri Panda" mendapatkan kritikan luar biasa karena dituding menutupi fakta sebenarnya dan bertanggung jawab dalam penyebarannya di seluruh dunia.

Sementara di dalam negeri, pemerintah setempat berusaha menangkal opini negatif dengan menghukum delapan orang whistleblower.

 Salah satunya adalah jurnalis warga yang meliput di Wuhan saat awal pandemi Zhang Zhan.

 Dia ditahan sejak Mei, dan bakal disidang Senin (28/12/2020).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved