Breaking News:

Sponsored Content

Hadiri Karya Pediksan di Griya Simpangan Pelaga, Bupati Giri Prasta Dukung Keberadaan Sulinggih

Selaku Pemerintah Badung sekaligus Krama Desa Pelaga, Bupati berkomitmen untuk mendukung keberadaan Sulinggih di Badung serta kelestarian Griya

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Bupati Giri Prasta saat menghadiri Karya Pediksan Ida Bagus Anom Arimbawa bersama Istri, Ida Ayu Puspawati di Griya SimpanganPelagaPetang, Kamis (31/12/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Pediksan Ida Bagus Anom Arimbawa bersama Istri, Ida Ayu Puspawati di Griya Simpangan, Banjar Pelaga, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, pada Kamis (31/12/2020) lalu.

Setelah melaksanakan Upacara Dwijati, Ida Bagus Anom Arimbawa mabiseka Ida Pedanda Giri Anom Arimbawa dan Ida Ayu Puspawati mabiseka Ida Pedanda Istri Giri Puspawati.

Sebagai Nabe, Ida Pedanda Istri Gede Simpangan Manuaba, Griya Gede Simpangan Buduk.

Baca juga: Ruas Jalan Banjar Serokadan menuju Desa Apuan Bangli Jebol, Pengendara Roda Empat Harus Memutar

Baca juga: Awal Tahun, Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Sangeh Tembus 1.000 Orang Per Hari

Baca juga: Patung Garuda dan Ribuan Struktur Karang Kini Hiasi Bawah Laut Bali

Pada karya tersebut juga dihadiri Manggala Dharma Gosana Kabupaten Badung, Ida Pedanda Gede Putra Pasuruan dari  Griya Megelung Sangeh, Anggota DPRD Badung I Nyoman Karyana dan IB Alit Arga Patra, Kadis Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha, Ketua PHDI Badung I Gede Rudia Adiputra, Camat Petang I Wayan Darma beserta unsur Tripika Kecamatan Petang, Pj. Perbekel Pelaga I Made Sandu. Hadir pula Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa.

Bupati Giri Prasta dalam kesempatan itu menyampaikan rasa syukur dan bahagianya dapat hadir sekaligus ikut mendoakan upacara Pediksan di Griya Simpangan Pelaga.

Baca juga: Tulang Kerangka Manusia Ditemukan di Hutan Angker di Tabanan, Diduga Pria asal Desa Ini 

Baca juga: Siapa Buat Penyakit, Siapa yang Menyembuhkan, Berikut Penjelasan Balian dan Usada Dalam Agama Hindu

Baca juga: Nahkoda KM Asia Persada Sakit di Tengah Laut, Tim SAR Lakukan Medevac

Selaku Pemerintah Badung sekaligus Krama Desa Pelaga, Bupati berkomitmen untuk mendukung keberadaan Sulinggih di Badung serta kelestarian Griya yang ada. 

"Sudah menjadi komitmen kami Pemkab Badung untuk tetap menjaga keberadaan dan kelestarian Griya. Untuk di Griya Simpangan ini kami akan membantu terbangunnya perpustakaan serta sebuah sanggar," ujar Bupati.

Baca juga: Pedagang Pasar Senggol Kembali Dilarang Tinggalkan Gerobak di Sub Terminal Semarapura

Baca juga: Tahun Baru, Kawasan Wisata Bedugul Dilanda Hujan Deras dan Kabut

Baca juga: Ratusan Warga Berkumpul di TKP Dua Remaja Tenggelam di Jembrana

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan setelah melalui dwijati, Sulinggih patut melaksanakan Catur Bandana Dharma sebagai tuntunan keseharian yang dilakukan seseorang yang telah menyucikan diri yaitu amari wesa (tata cara menggunakan busana, amari sesana (beretika), amari aran (berubah nama), dan amari laksana (bertingkah laku).

"Semoga Sulinggih selalu mendoakan dan ngrastiti agar masyarakat dan jagat Badung selalu diberikan keselamatan, gemah ripah loh jinawi," ucapnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Tercium Bau Busuk, Mayat Wanita Ditemukan di Tegalan

Sementara itu Manggala Karya Ida Bagus Ketut Purbanegara menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung dan masyarakat yang telah hadir serta memberi doa upacara Rsi Yadnya.

Sehingga katanya Pediksan di Griya Simpangan, Pelaga berjalan dengan lancer dan sukses.

Menurutnya dengan upacara pediksan ini telah terlahir Sulinggih di Griya Simpangan.

Ida Sulinggih sekarang sudah menjadi milik dari pemerintah dan masyarakat. Untuk itu pihaknya memohon agar pemerintah selalu memperhatikan para Sulinggih.

 "Semoga Ida Sulinggih selalu dapat melaksanakan swadharma beliau untuk mengabdi dan membina budi pekerti masyarakat, " harapnya.

Sebagai wujud bhakti Pemkab Badung atas pelaksanaan upacara padiksan ini, Bupati menghaturkan dana punia sebesar Rp 100 juta dan juga menyematkan Pin Sulinggih. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved