Breaking News:

Penanganan Covid

17 Pejabat di Bali Sudah Disuntik Vaksin Covid-19, Koster Bakal Kembali Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua

17 Pejabat di Bali Sudah Disuntik Vaksin Covid-19, Koster Bakal Kembali Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua

Tribun Bali/Rizal Fanany
Gubernur Bali, Wayan Koster disuntik vaksin Covid-19 produksi Sinovac oleh tim medis di Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar, Kamis (14/1/2021). Selain Koster, sejumlah pejabat juga ikut dalam penyuntikan vaksin Covid-19. 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Sebanyak 17 pejabat di Bali mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Bali Mandara, Kamis (14/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya mengatakan bahwa vaksin Covid-19 buatan Sinovac sangat aman.

Setelah disuntikkan vaksin dan menunggu di ruang observasi selama kurang lebih 30 menit, ia menyebut tidak terjadi reaksi apapun pada dirinya.

"Tujuan diadakannya penyuntikan pada pejabat publik ini adalah untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman. Dan setelah ke-17 pejabat tersebut melakukan verifikasi serta skrining, tidak ditemukan masalah sehingga dapat mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19," ungkapnya ketika ditemui usai mengikuti vaksinasi.

Dijelaskan, selesai divaksin para pejabat memasuki ruangan observasi dan menunggu selama 30 menit.

Hal itu bertujuan untuk mendeteksi apakah terdapat efek samping atau yang biasa disebut dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Adapun dosis yang diberikan ketika penyuntikan vaksin sebanyak setengah cc.

"Dan beberapa pejabat yang umurnya sudah di atas 60 tahun nantinya akan dilakukan kegiatan vaksinasi yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan vaksin jenis Sinovac ini diperuntukkan untuk orang di bawah umur 60 tahun. Sedangkan untuk pemberian vaksin kepada masyarakat akan diberikan secara bertahap," jelasnya.

Untuk diketahui, Januari hingga Maret nantinya vaksin akan difokuskan terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Halaman
123
Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved