Breaking News:

Berita Klungkung

Gelar Upacara Yadnya Saat Pandemi, Ratusan Warga di Gunaksa Klungkung Bali Jalani Rapid Test Antigen

Ketua Satgas Covid-19 Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, pihaknya menyadari bahwa upacara adat tidaklah  bisa ditunda.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Satgas Penanggulangan Covid-19 melalukan rapid test antigen terhadap ratusan warga yang akan melaksanakan upacara Mendak Nuntun di Dusun Tengah, Desa Gunaksa, Rabu 27 Januari 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Satgas Penanggulangan Covid-19  Klungkung melalukan rapid test antigen terhadap ratusan warga yang akan melaksanakan upacara Mendak Nuntun di Dusun Tengah, Desa Gunaksa, Klungkung, Bali, pada Rabu 27 Januari 2021.

Upaya ini dilakukan untuk antisipasi munculnya penularan Covid-19 dari klaster upacara adat.

Ketua Satgas Covid-19 Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, pihaknya menyadari bahwa upacara adat tidaklah  bisa ditunda. Mengingat hal ini menyangkut keyakinan masyarakat.

 Dalan kondisi inilah, menurutnya harus ada solusi terbaik agar yadnya berjalan tanpa mengurangi maknanya dan kesehatan masyarakat juga terjaga.

Memiliki Penyakit Penyerta, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kajari & Sekda Klungkung Bali Tidak Divaksin

Solusi yang diambil yakni dengan melakukan rapid test antigen, terhadap orang-orang yang terlibat langsung dalam pelaksanaan yadnya.

 Serta mengawasi secara ketat pelaksanaan yadnya tersebut.

Kebijakan ini diambil pasca evaluasi penerapan PPKM di Klungkung, yang mana justru muncul klaster upacara penikahan di Desa Bungbungan, Banjarangkan, Klungkung beberapa hari lalu.

"Untuk keselamatan kita bersama, sebaiknya dilakukan rapid antigen ke pihak-pihak yang terlibat langsung dalam yadnya itu.

Pengawasan juga, untuk memastikan peserta upacara yadnya dibatasi.

Mudah-mudahan apa yang dilakukan pemerintah hari ini melalui Dinas Kesehatan (Diskes) secara gratis, bisa memutus penyebaran Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved