Breaking News:

Diskominfo Klungkung Pasang CCTV di 9 Objek Wisata

Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) berencana memasang 9 kamera pemantau atau CCTV.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Suasana Pantai Klingking di Nusa Penida akan dipasangi CCTV 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) berencana memasang 9 kamera pemantau atau CCTV.

Rencananya 6 diantaranya akan dipasang di objek wisata populer dj Nusa Penida.

Keseluruhan anggran pengadaan CCTV ini sekitar Rp 400 juta, dan pengadaannya sudah berproses di e-catalog. 

Kepala Diskominfo Kabupaten Klungkung I Wayan Parna mengatakan, pemasangan CCTV tahun ini memang difokuskan untuk di objek wisata.

Baca juga: Desa Wisata di Bali Terpukul Pandemi Berkepanjangan, Apa Langkah Menparekraf Sandiaga?

Mengingat objek wisata biasanya identik dengan keramaian. 

Ada 6 destinasi wisata di Kecamatan Nusa Penida yang akan dipasang CCTV, antara lain Pantai Atuh, Klingking Beach, Pasih Uug (Broken Beach), Angel Billabong serta Devil's Tear.

Sementara di Klungkung daratan, pemasangan CCTV dilakukan di Pantai Klotok di Kecamatan Klungkung, objek wisata Goa Lawah di Kecanagan Dawan, serta di tebing perbatasan Klungkung -Gianyar di Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan yang baru selesai penataan tahun ini

"Selama ini ditempat-tempat tersebut memang belum terpasang CCTV. Intinya dipasang di tempat-tempat keramaian, agar pemantauan juga lebih mudan," ungkap Parna, Jumat 12 Februari 2021. 

Baca juga: Temui Bupati Badung, Menparekraf Canangkan Program Pariwisata Berbasis Vaksin

Pemasangan 9 CCTV tersebut dianggarkan sekitar Rp 400 juta, dan pengadaanya sudah berproses di e-catalog. Dengan tambahan 9 CCTV, sudah ada 39 CCTV yang dipasang di tempat umum di Klungkung.

Meskipun demikian jumlah itu dianggap masih belum cukup. Pemasangan CCTV akan dilakukan secara bertahap, karena keterbatasan anggran. Kekurangan CCTV paling banyak di jalan raya. 

"Keberadaan CCTV di Klungkung selama ini juga membantu kepolisian dalam mengungkap tindakan kriminalitas. Nanti pengadaannya kami bertahap lah," ungkap Parna. (*) 

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: M. Firdian Sani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved