Breaking News:

Berita Bali

Soal Selasa Pakai Endek, Koster Minta Kader PDIP Yang Duduk di Legislatif Beri Contoh

“Saya umumkan 11 Pebruari, itu hari baik. Mulai diterapkan 23 Pebruari hari baik juga menurut kalender Bali. Imbauan ini diharapkan sudah digunakan ka

Istimewa Pemprov Bali
Gubernur Bali, Wayan Koster 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Gubernur Bali Wayan Koster kembali menegaskan penggunaan terkait imbauan penggunaan baju endek setiap hari Selasa. 

Ia menyebutkan bahwa hal tersebut hanya berlaku bagi masyarakat yang sedang melakukan kegiatan formal, khususnya di  pemerintahan, pegawai swasta, hingga pendidikan. 

Meski tidak dengan corak yang sama, terpenting baginya adalah endek Bali yang diproduksi di Bali dan dijual di Bali. Sebab dengan langkah seperti itu sangat jauh lebih efektif untuk mendorong berputarnya perekonomian di Bali.

“Saya umumkan 11 Pebruari, itu hari baik. Mulai diterapkan 23 Pebruari hari baik juga menurut kalender Bali. Imbauan ini diharapkan sudah digunakan kaian pakaian atau busana yang berbahan endek tergantung kemampuan yang ada,” jelasnya di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jayasabha, Selasa 16 Februari 2021.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sebagai Ketua DPD PDIP Bali juga meminta para kadernya untuk menaati dan mengikuti imbauan tersebut.

Baca juga: Koster Akan Undang Pimpinan Instansi dan Lembaga di Bali Soal Kebijakan Penggunaan Kain Tenun Endek

Baca juga: Fraksi PDIP DPRD Bali Sebut Pemakaian Kain Tenun Endek Adalah Upaya Keberpihakan pada Ekonomi Rakyat

Baca juga: Tips Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias, Letakkan Tanaman Tinggi di Ruang Tamu

Hal ini ia tekankan juga kepada para kader PDIP yang duduk di fraksi setiap Kabupaten/Kota 

“Ini imbauan jadi imbauan ya imbauan, tidak ada yang mewajibkan sekalipun nanti ada yang tidak pakai tidak ada sanksi. Justru di medsos ada bilang mewajibkan, orang imbauan sudah jelas isinya imbauan,” sambungnya.

Ia juga meminta kepada bank-bank yang ada di Bali untuk memaksimalkan menggunakan produk endek dari para pengrajin yang telah dibina oleh lembaga ekonomi tersebut. 

“Kalau bank kan sudah ada binannnya, supaya beli di sanalah. Arahkan karyawannya karena ini sangat dapat menggairahkan pengerajin dan menolong IKM yang ada,” jelasnya.

Sementara Bupati Gianyar yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar, Made Agus Mahayastra menanggapi dengan imbauan penggunaan endek Bali setiap Selasa tersebut.

Ia berharap agar ada endek yang cocok digunakan untuk pakaian adat. Sebab khusus di Gianyar, kesehariannya lebih sering menggunakan pakaian adat turun ke masyarakat.

“Kalau bisa agar ada corak endek berwarna putih, karena saya di Gianyar lebih sering menggunakan pakaian adat turun ke masyarakat. Saya kira endek warna putih jarang ada, jadi kalau boleh saran agar ada yang cocok untuk digunakan pakaian adat,” imbuh dia.

Penulis: Ragil Armando
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved