Breaking News:

Berita Bangli

Bunga Pucuk Bang Jadi Maskot Kabupaten Bangli Bali, Begini Kronologi dan Sejarahnya

Dari hasil rapat tadi, seluruh peserta rapat secara bulat mendukung Bupati Bangli untuk menggunakan Pucuk Bang sebagai maskot Kabupaten Bangli

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Kepala Dinas Kominfosan Kabupaten Bangli, I Wayan Dirgayusa. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Sempat terhenti selama hampir dua tahun, penentuan maskot Kota Bangli, Bali kini kembali menjadi perbincangan.

Setelah sebelumnya Bupati Made Gianyar memilih bunga Gumitir sebagai maskot, pilihan tersebut kini diubah menggunakan bunga Pucuk Bang.

Pembahasan mengenai maskot Kabupaten Bangli itu digelar melalui rapat antara Bupati Bangli bersama PHDI, Majlis Madya, Peradah, Paiketan Pemangku, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pariwisata, Penglingsir Puri Bangli serta sejumlah pihak terkait.

Baca juga: Jelang Hari Raya Nyepi, Pemkab Bangli Gelar Ritual Mepepada Agung

Kepala Dinas Kominfosan Kabupaten Bangli, I Wayan Dirgayusa, Jumat, 12 Maret 2021 membenarkan, jika hari ini dilaksanakan rapat untuk membahas maskot Kabupaten Bangli dari kelompok flora.

“Dari hasil rapat tadi, seluruh peserta rapat secara bulat mendukung Bupati Bangli untuk menggunakan Pucuk Bang sebagai maskot Kabupaten Bangli.

Baik dari sisi yadnya, sisi kekhasannya di Bangli, sisi kegunaan, hingga sisi filsafatnya dengan Kabupaten Bangli, itu semua sudah dibahas dan semua sepakat untuk menggunakan Pucuk Bang sebagai maskot,” jelasnya.

Baca juga: Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bangli Mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi

Diliriknya Pucuk Bang sebagai maskot Kabupaten Bangli sejatinya sudah lama.

Rapat yang dilakukan hari ini adalah untuk menegaskan kembali upaya Bupati Bangli Ida Bagus Gede Agung Ladip (1990-2000), yang pada tahun 1991 telah menetapkan maskot Kabupaten Bangli adalah Pucuk Bang.

Namun demikian, pada saat itu belum sampai ke tataran pengesahan produk hukumnya, seperti Perda dan lain sebagainya.

“Tahun 1991 pada saat HUT Kota Bangli ke 771, itu dilaksanakan deklarasi penggunaan Pucuk Bang sebagai Maskot Kota Bangli.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Kambali
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved