Breaking News:

Wawancara Tokoh

Kisah di Balik Kemenangan Nyoman Nuarta Mendesain Ibukota Negara Baru : Saya Nggak Nyangka

Proses di balik terpilihnya ia sebagai pemenang sayembara, Tribun Bali mewawancarai Seniman Nyoman Nuarta. Tak menyangka,mengaku biasanya sering kalah

istimewa
Nyoman Nuarta, seniman asal Tabanan, yang kini tinggal di Bandung, Jawa Barat memenangkan desain ibukota yang baru. Kisah di balik menangnya Nyoman Nuarta di sayembara tersebut ada di dalam artikel ini. 

TRIBUN-BALI.COM - Pemerintah bakal memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satu langkah untuk mempersiapkan pemindahan ke ibukota negara (IKN) baru tersebut dengan melakukan sayembara untuk mencari desain istana negara IKN.

Sayembara tersebut dimenangkan Nyoman Nuarta, seniman asal Tabanan, yang kini tinggal di Bandung, Jawa Barat.

Untuk mengetahui lebih jauh mengetahui proses di balik terpilihnya ia sebagai pemenang sayembara, Tribun Bali mewawancarai Seniman Nyoman Nuarta. Berikut petikannya:

Selamat kepada Pak Nyoman sudah memenangkan sayembara desain istana negara baru. Bagaimana perasaan Anda? Apakah Anda menyangka bakal meraih prestasi ini?

Saya sebenarnya nggak menyangka. Karena saya biasanya sering kalah. Tahun ini aja saya ada kalah empat malah, ikut airport di Batam kalah, di Jakarta kalah, di Bali kalah, terus bikin Patung Komodo itu kalah juga. Banyak kalah.

Bisa diceritakan mengenai kisah di balik menangnya Anda di sayembara tersebut?

Saya diundang Kementerian PUPR pada Kamis (27/2/2020), untuk ikut sayembara terbatas. Yang dipilih ada beberapa arsitek. Dan satu-satunya orang yang mereka sebut itu bukan saya. Lalu kita dikasih waktu 12 hari untuk mewujudkan konsep gagasan desain dalam bentuk visual. Harus membuat sekaligus 12 konsep desain, ada istana, gedung DPR, terus tempat-tempat ibadah, kemudian istana wakil presiden, pokoknya 12.

Tangkapan layar gambar desain burung garuda untuk Istana Negara baru di Kalimantan Timur karya dari Nyoman Nuarta.
Tangkapan layar gambar desain burung garuda untuk Istana Negara baru di Kalimantan Timur karya dari Nyoman Nuarta. (Istimewa)

Baca juga: Desain Istana Negara Gagasan Nyoman Nuarta Tuai Kritik, Dianggap Pematung Bukan Arsitek Profesional

Setelah menemukan ide dari konsep desain, kami bersama tim, memvisualisasikan 12 konsep gagasan gedung-gedung yang disayembarakan. Secara tepat waktu, pada 5 Maret 2020, saya  telah mengirimkan desain-desain gedung khusus IKN ke Kementerian PUPR di Jakarta.

Kementerian PUPR kemudian meminta kelima arsitek dan ahli untuk mempresentasikan konsep desain gedung-gedung khusus IKN pada 10 Maret 2020.

Waktu itu, ada yang diwakilkan oleh tim mereka. Kami presentasi di depan Menteri PUPR Pak Basuki Hadimuljono secara bergantian.

Halaman
1234
Penulis: Ragil Armando
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved