Berita Klungkung

11.553 Peserta Mandiri BPJS Kesehatan di Klungkung Menunggak Iuran

Berdasarkan data terakhir, terdapat 11.553 peserta BPJS Kesehatan mandiri di Klungkung yang masih menunggak iuran.

Tribun Bali/Eka Mita
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Endang Triana Simanjuntak - 11.553 Peserta Mandiri BPJS Kesehatan di Klungkung Menunggak Iuran 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Masa pandemi, berkontribusi terhadap tunggakan peserta mandiri JKN-KIS BPJS Kesehatan  mandiri di Klungkung.

Berdasarkan data terakhir, terdapat 11.553 peserta BPJS Kesehatan mandiri yang masih menunggak iuran.

"Tingginya tunggakan iuran ini salah satunya akibat dampak pandemi Covid-19. Sehingga mereka sedang tertimpa kesulitan ekonomi, sulit mencari kerja, di satu sisi banyak karyawan yang dirumahkan," ujar Kepala BPJS Cabang Bali Timur, Endang Triana Simanjuntak, Minggu 25 April 2021.

Ia menjelaskan secara detiil, total tunggakan di Kabupaten Klungkung mencapai 11.553 peserta, terdiri dari kelas I sebanyak 2.792 peserta, kelas II 2.910 peserta, dan kelas III 5.851 peserta.

Meskipun demikian, BPJS tetap meminta kepada para peserta yang menunggak iuran untuk membayar.

Karena jika tidak dibayar, maka akan dikenakan denda sebesar 5 persen, denda ini lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 2,5 persen.

Baca juga: Tahapan Pilkel Serentak 2021 di Klungkung Dimulai, Tercatat 11 Desa Akan Gelar Pemilihan

Baca juga: Cerita Made Muliadi Saat Bantu Korban Kecelakaan di Tukad Jinah Klungkung: Saya Gemetar Lihat Korban

" Perubahan persentase denda tersebut sudah diatur dalam Pasal 42 Perpres 64 Tahun 2020," jelasnya.

Sementara ada juga delapan badan usaha di Klungkung masih menunggak iuran iuran Jaminan Kesehatan Nasional– Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) per Maret 2021.

Akibatnya ada sejumlah 489 orang yang terdiri dari pekerja dan keluarganya tidak mendapatkan layanan BPJS Kesehatan.

"Delapan badan usaha itu terdampak Covid-19 dan tutup sementara waktu hingga  tidak mampu membayar iuran kepesertaan JKN-KIS para pegawainya," ujar Endang Triana Simanjuntak, Jumat, 23 April 2021 lalu.

Agar para pegawai dan anggota keluarga pegawai dapat kembali mendapatkan layanan JKN-KIS, total iuran kepesertaan JKN-KIS yang harus dibayarkan delapan badan usaha itu per Maret 2021 sebanyak Rp 39.791.620 

Suwirta Kunjungi Faskes Terkait Pemanfaatan Digitalisasi

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi sejumlah pusat pelayanan kesehatan di wilayah kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali, Kamis 22 April 2021.

Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta percepatan pelayanan kesehatan melalui pemanfaatan digitalisasi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved