Breaking News:

Berita Klungkung

Tahapan Pilkel Serentak 2021 di Klungkung Dimulai, Tercatat 11 Desa Akan Gelar Pemilihan

Setelah ditetapkan, panitia tingkat desa membuat segala sesuatunya seperti menyusun tata tertib, penetapan DPS, Juni dilaksanakan pengumuman

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Pengendalian Penduduk Klungkung, Wayan Suteja 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Tahapan pelaksanaan Pilkel (Pemilihan Perbekel Serentak) gelombang 3 di Klungkung dilaksanakan bulan April ini, dimulai dengan pembentukan panitia pemilihan di desa oleh BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

Penyelesaian sengketa penetapan perolehan suara harus jadi perhatian panitia di desa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Klungkung I Wayan Suteja mengatakan, tahapan pembentukan panitia pemilihan di desa oleh BPD sudah dilaksanakan tanggal 20 sampai 30 April 2021.

Setelah ditetapkan, panitia tingkat desa membuat segala sesuatunya seperti menyusun tata tertib, penetapan DPS, Juni dilaksanakan pengumuman bakal calon.

Baca juga: Bupati Klungkung Akan Kumpulkan Pedagang Asongan Anak-anak di Klungkung, Coba Lakukan Pembinaan

" Berdasarkan jadwal yang telah direncanakan, tahapan pelaksanaan pilkel serentak akan dilaksanakan 26 September 2021," ujar Suteja, Minggu 25 April 2021.

Sebelum itu, panitia pemilihan tingkat kabupaten akan berkeliling bertemu dengan panitia pemilihan tingkat desa, untuk mempertegas semua tahapan sekaligus menyatukan pemahaman.

“Ada beberapa catatan yang jadi penekanan krusial seperti daftar pemilih, misalnya ada yang tidak terdaftar dalam DPT. Soal kampanye seperti apa, bagaimana penyelesaian jika ada yang melanggar.

Termasuk soal sengketa penetapan perolehan suara, semua itu akan kami tekankan saat sosialisasi. Sebab semuanya sudah ada dalam Perbup 12 tahun 2021,” tegas Suteja.

Sama seperti pelaksaan pada tahun 2020, tahun ini Pilkel serentak juga akan digelar dengan ketentuan protokol kesehatan.

 Seperti mengenakan masker saat pencoblosan, menyediakan tempat cuci tangan disetiap TPS  , dan mengatur jumlah warga yang datang ke TPS agar tidak berkerumun.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved