Breaking News:

Berita Bali

Tren Pemulihan Ekonomi Pada Triwulan I 2021 Berlanjut, Meski Berlangsung Terbatas

Trisno Nugroho menilai implementasi vaksinasi dan sinergi kebijakan nasional serta daerah mendorong momentum perbaikan ekonomi

Istimewa
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho - Tren Pemulihan Ekonomi Pada Triwulan I 2021 Berlanjut, Meski Berlangsung Terbatas 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menilai implementasi vaksinasi dan sinergi kebijakan nasional serta daerah mendorong momentum perbaikan ekonomi Bali di tahun 2021.

Menurutnya, optimisme konsumen dan pelaku usaha seiring dengan pelaksanaan program vaksinasi yang berjalan ontrack mendorong keberlanjutan perbaikan ekonomi di Provinsi Bali.

Namun demikian, perbaikan tertahan oleh masih tingginya angka Covid-19 yang menyebabkan pemerintah memberlakukan PPKM di Bali semenjak Januari 2021.

"Pada Triwulan I 2021 kembali melanjutkan tren perbaikan meskipun masih mengalami kontraksi," ucap Trisno Nugroho.

Baca juga: Ekonomi Bali Triwulan I-2021 Tercatat Tumbuh Negatif Sedalam -9,85 Persen

Kontraksi perekonomian sendiri merupakan pengaruh based effect di mana pada bulan Januari dan Februari 2020 kondisi pariwisata masih relatif normal.

Dirinya menyebut bahwa kontraksi pertumbuhan ekonomi melandai dari -12,21 persen secara year on year (yoy) pada Triwulan IV 2020 menjadi -9,85 persen secara yoy pada Triwulan I 2021.

"Dari sisi pengeluaran, melandainya kontraksi terutama bersumber dari membaiknya kinerja investasi, yakni konsumsi rumah tangga, serta ekspor dan impor. Sementara itu konsumsi pemerintah masih tertahan oleh kendala teknis, yakni penerapan sistem baru dalam pelaporan realisasi anggaran di daerah," jelasnya pada Rabu 5 Mei 2021.

Ia menyebut, dari 17 Lapangan Usaha (LU), dua diantaranya tercatat tumbuh positif, yakni informasi dan komunikasi sebesar 4,99 persen secara yoy , dan jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 0,31 persen secara yoy.

Menurutnya, pertumbuhan positif sektor informasi dan komunikasi tidak terlepas dari perkembangan digitalisasi di masa pandemi.

Halaman
123
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved