Breaking News:

Berita Tabanan

Desa Pujungan Tabanan Jadi Pilot Projek Pembangunan Pompa Hidram, Bantu Permudah Akses Air Bersih

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak meresmikan pilot projek pembangunan Pompa Hidram di Desa Pujungan

Kodim 1619/Tabanan
Suasana peresmian virtual pilot projek pembangunan pompa hidram di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, Selasa 18 Mei 2021 - Desa Pujungan Tabanan Jadi Pilot Projek Pembangunan Pompa Hidram, Bantu Permudah Akses Air Bersih 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak meresmikan pilot projek pembangunan Pompa Hidram di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, Bali, secara virtual, Selasa 18 Mei 2021.

Desa Pujungan disebutkan memiliki syarat untuk mendapat bantuan tersebut agar akses air bersih warga setempat lebih mudah.

Sebab, selama ini warga terpaksa harus mencari sendiri air bersih tersebut secara manual dengan membawa ember atau hal lainnya.

Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengatakan, rencana pembangunan pompa hidram ini bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih.

Baca juga: Pastikan AstraZeneca Aman, Kodam IX/Udayana Terus Gencarkan Program Serbuan Vaksinasi

Sedikitnya di Banjar Taman Sari, ada 103 kepala keluarga (KK) kesulitan akses untuk mendapatkan air bersih.

Mereka harus mencari ke sumbernya, karena sumber air cukup jauh yaitu sekitar 500 meter menuruni lembah dengan ketinggian sekitar 100 meter.

Dia melanjutkan skema pemasangan di tempat sumber air pembuatan bak retensi/transit, penyangga pipa, pompa hidram dan bak reservoar primer yang akan menampung air sebanyak 5.000 liter.

Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan bak distribusi sekunder.

Di mana bak ini sebagai pendistribusian atau pembagian air ke masyarakat.

"Jadi ini program dari Panglima TNI untuk Bali Nusra. Dan untuk di Bali salah satunya yang mendapat bantuan adalah Tabanan di Desa Pujungan. Di sana warganya masih menggunakan cara manual untuk mendapatkan air bersih. Sehingga dengan pompa hidram ini nantinya akan membantu masyarakat lebih mudah mendapat akses air bersih," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved