Breaking News:

Berita Gianyar

Kementerian Desa Perbolehkan Desa Wisata Dibuka, Kadis PMD Gianyar: Sambut Wisatawan Dengan Prokes

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gianyar mengungkapkan, Kementerian Desa telah memperbolehkan agar desa wisata dibuka.

Tribun Bali/Wayan Eri Gunarta
Salah satu keindahan alam objek wisata di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, Gianyar, Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gianyar mengungkapkan, Kementerian Desa telah memperbolehkan agar desa wisata dibuka.

Hal tersebut pun menjadi angin segar untuk desa dinas yang selama pandemi ini, telah menata desanya sebagai objek wisata.

Sejauh ini, di Kabupaten Gianyar sendiri, ada 24 desa wisata, yang menyajikan keindahan alam, wisata spiritual hingga peninggalan zaman kuno. 

Kepala PMD Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi, Rabu 1 Juni 2021 mengatakan, Gianyar tentunya menyambut baik kebijakan dari Kementerian Desa tersebut. "Selama pandemi covid-19, 24 desa wisata yang ada di Kabupaten Gianyar telah melakukan penataan obyek dan pembenahan fasilitas pendukung," ujarnya.

Kata dia, fasilitas pendukung yang dimaksudkan adalah penerapan protokol kesehatan.

Menteri Desa PDTT Izinkan Pembukaan Desa Wisata, Pemprov Bali Beri Syarat Begini

Izinkan Desa Wisata Buka Lagi, Gus Menteri Dukung Pemulihan Pariwisata Bali

"Dalam masa pandemi ini tentunya, dalam menyambut kehadiran wisatawan ke desa tetap  harus menerapkan protokol kesehatan yang selama ini telah diterapkan di Desa melalui Posko Terpadu Desa Tangguh Covid 19," jelas Dewa Adi. 

Disebutnya saat ini di Kabupaten Gianyar sendiri desa wisata adalah bagian dari unit usaha yang dikelola oleh Bumdes dan BUMDes tersebut bernaung di bawah Gianyar Aman Sejahtera yang mengelola desa wisata dengan menyediakan paket-paket tour yang ada di desa tersebut.

 "Ada 24 desa wisata berada di bawah pengelolaan BUMDes bersama Gianyar Aman Sejahtera, yang siap mengantar wisatawan berkeliling menikmati keindahan alam dan manusia Gianyar melalui paket tour yang telah disediakan," tandasnya. (*)

Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved