Breaking News:

Kesehatan

Penyebab Susah Tidur Nyenyak dan Cara Mengatasinya

erikut beberapa penyebab susah tidur nyenyak di malam hari yang membuat seseorang mudah terbangun ketika istirahat:

Istimewa
Foto ilustrasi zodiak cemas dan tak bisa tidur via Tribunstyle 

KOMPAS.COM - Susah tidur nyenyak di malam hari dapat mengurangi kualitas istirahat. Imbasnya, orang jadi gampang lelah saat menjalankan aktivitas keesokan harinya.

Dilansir dari Medical News Today, fase tidur normal akan melewati beberapa tahapan, mulai dari non-rapid eye movement (REM), tidur ringan, sampai tidur nyenyak.

Dalam kondisi normal, orang yang sudah tidur nyenyak butuh pemantik yang signifikan agar terbangun. Misalkan lewat teriakan suara alarm atau mengguncang-guncangkan tubuh berulang kali.

Tapi, orang yang susah tidur nyenyak bisa dengan mudah terbangun lantaran pemantik ringan seperti aroma tertentu, suara kipas angin yang tenang, atau bias cahaya dari luar kamar.

Berikut beberapa penyebab susah tidur nyenyak di malam hari yang membuat seseorang mudah terbangun ketika istirahat:

1. Stres dan masalah kecemasan

Melansir Bustle, semakin tinggi level stres dan kecemasan, orang jadi semakin susah tidur nyenyak di malam hari. Otak manusia dirancang dapat membedakan hal secara rasional ketika terjaga.

Lain halnya saat tidur. Otak sulit memilah kekhawatiran atau ancaman saat tidur. Untuk itu, pastikan pikiran jernih dan lebih rileks sebelum tidur.

Jika kamu memiliki masalah kecemasan, segera konsultasikan ke terapis. Selain itu, kurangi stres dan kecemasan sebelum tidur dengan melakukan relaksasi, latihan pernapasan dalam, atau belajar meditasi.

2. Kelenjar tiroid terlalu aktif

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved