Breaking News:

Corona di Indonesia

Luhut Ancam Razia Gudang Obat, Beri Waktu 3 Hari Turunkan Harga

Hal ini menjadi keresahan masyarakat yang mulai kesulitan mendapatkan obat dengan harga normal.

Editor: DionDBPutra
Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Menko Marves Luhut Pandjaitan. Luhut meminta produsen maupun distributor obat-obatan menyediakan stok obat yang memadai serta tidak menaikkan harga. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Melonjaknya kasus infeksi Covid-19 membuat harga obat-obatan terkait terapi penyakit tersebut melambung jauh lebih tinggi dari harga yang sudah ditentukan pemerintah.

Hal ini menjadi keresahan masyarakat yang mulai kesulitan mendapatkan obat dengan harga normal.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah tak tinggal diam.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta para produsen maupun distributor obat-obatan menyediakan stok obat beserta harganya kembali normal di pasaran.

Baca juga: Luhut Sebut Dua Pekan ke Depan Sebagai Masa Kritis untuk Indonesia

Baca juga: Terkait PPKM Darurat, Luhut Minta Pangdam IX/Udayana & Kapolda Bali Perketat Prokes

Luhut meminta hal tersebut segera terlaksana dalam tiga hari. Jika tidak, ia mengancam akan melakukan razia ke gudang-gudang perusahaan obat tersebut.

”Semua saya minta masuk akal dan keuntungan diterima produsen dan distributor tersebut. Saya tekankan, apabila dalam tiga hari ke depan kami dapatkan harga obat masih tinggi atau terjadi kelangkaan, kami akan ambil langka tegas dengan razia seluruh gudang mereka yang sudah kami identifikasi keberadaannya,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual terkait PPKM Darurat Jawa-Bali, Senin malam 5 Juli 2021.

Luhut mengatakan, belakangan harga jual sejumlah obat-obatan sudah meroket. Ia mencontohkan harga Ivermectin yang semula di bawah Rp10 ribu, kini dijual puluhan ribu rupiah.

Padahal, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah membuat ketentuan harga eceran obat-obatan Covid-19.

Jika dihitung dari waktu keluarnya ancaman Luhut itu, harga obat-obatan mestinya kembali normal mulai Kamis 8 Juli 2021.

Luhut mengatakan, apabila hari ini harga obat-obatan belum turun dan stok masih langka, ia meminta jajaran kepolisian dan Kejaksaan merazia gudang-gudang penimbun obat.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved